KODEKIDDO updates

all posts

KiddoHack 2024

Apa itu KiddoHack? KiddoHack adalah kompetisi coding tahunan mini hackathon untuk kiddos SD-SMA yang diadakan oleh KodeKiddo sejak tahun 2017. KiddoHack 2024 terdiri dari dua bagian, yaitu: Penilaian project Coding & AI dari 3 tema KodeKiddo Holiday Program Pengerjaan Algorithm Code Challenge Untuk project Coding & AI, finalis Top 3 dari Holiday Program akan mempresentasikan project mereka untuk dinilai oleh juri dan semua peserta KiddoHack. SD Beginner 3D Creation in CoSpace SD Advance Roblox Game Development SMP & SMA The Experience AI Challenge Untuk Algorithm Code Challenge peserta akan menjawab soal-soal yang mencakup pemikiran komputasional, pemecahan masalah, dan pemrograman. KiddoHack bertujuan untuk memberikan pengalaman coding, mengasah kemampuan logical thinking dan juga problem solving, serta mempersiapkan anak-anak menghadapi tantangan teknologi masa depan dengan keterampilan coding yang kuat. Siapa saja yang bisa ikut? Terbuka untuk umum, non Murid KodeKiddo maupun Murid Aktif KodeKiddo yang berumur 7 – 18 Tahun Bagaimana cara mendaftarnya? Peserta hanya perlu mengisi form registrasi dan melakukan pembayaran. Daftar disini !! Berapa Biayanya? Biaya lomba untuk peserta umum sebesar Rp 100,000 dan bisa ditukarkan voucher KodeKiddo senilai Rp 100,000! Untuk Peserta SD akan mendapatkan akun Code Monkey gratis selama 6 bulan. Untuk Peserta Holiday Program Gratis! Untuk Umum Rp. 100.000 Timeline Apa yang didapat pemenang dan peserta? Hadiah Pemenang KiddoHack dibagi menjadi 3 kategori (SD Beginner, SD Advance, SMP-SMA) Juara 1 KodeKiddo Voucher sebesar 600,000 Juara 2  KodeKiddo Voucher sebesar 400,000 Juara 3  KodeKiddo Voucher sebesar 250,000 Bagaimana proses penilaiannya? Untuk Proses penilaiannya akan dinilai secara langsung / live. Lalu untuk hasil penilaian akan diumumkan melalui Zoom. Bagaimana proses penilaiannya? Bahasa Pemrograman yang digunakan setiap kategorinya: SD: CoffeeScript & Block Code Programming SMP-SMA: Python & C++ Platform yang digunakan setiap kategorinya : SD: Code Monkey & Scratch SMP-SMA: HackerRank Apakah ada persyaratan teknis yang perlu dipenuhi peserta? Pastikan peserta memiliki perangkat komputer atau laptop dengan koneksi internet yang stabil untuk mengikuti kompetisi secara online. Apakah peserta memerlukan akun khusus untuk mengikuti kompetisi? Ya, peserta SD Beginner dan SD Advanced akan membutuhkan akun Code Monkey, yang akan disediakan oleh pihak penyelenggara. Peserta SMP dan SMA akan memerlukan akun HackerRank untuk mengikuti kompetisi Apakah ada ketentuan mengenai perangkat lunak(software) yang digunakan? Platform yang dipakai semua berbasis web. Jadi tidak memerlukan perangkat lunak tambahan. Bagaimana format soal-soal yang diberikan? Soal-soal yang diberikan akan mencakup pemikiran komputasional, pemecahan masalah, dan keterampilan pemrograman sesuai dengan kategori usia peserta. Detail akan diberikan saat Technical Meeting. Apakah ada batas waktu untuk setiap kategori dalam kompetisi? Ya, total waktu pengerjaan algorithm code challenge adalah 60 menit.  Peserta juga diberi kesempatan untuk menyimak presentasi para finalis dan memberi penilaian untuk memilih pemenang dari kategori project Coding & AI dari topik Holiday Program KodeKiddo: 3D creation with CoSpace Roblox Game Dev Experience AI  Apakah ada sertifikat untuk peserta? Ya, semua peserta akan mendapatkan sertifikat partisipasi yang akan dikirimkan melalui email setelah kompetisi berakhir. Apakah ada persyaratan minimum spesifikasi komputer? Ya, peserta disarankan menggunakan komputer atau laptop dengan spesifikasi berikut: Prosesor: Minimal Intel Core i3 atau setaraRAM: Minimal 4GB Koneksi Internet: Minimal 10 Mbps untuk kelancaran akses platform online Browser: Versi terbaru dari Google Chrome, Firefox, atau Safari Aplikasi zoom dengan versi terbaru. Web cam Rsvp now! Daftar disini !! More Info : ???

read more

Coding Olympics Indonesia 2024 Winner Announcements

Coding Olympics Indonesia 2024 Winners Kompetisi Coding untuk SD kelas 2-5 (Live via Zoom) Apa itu Coding Olympics Indonesia? Coding Olympics Indonesia (COI) adalah kompetisi coding tahunan yang ditujukan untuk murid Sekolah Dasar (SD)  di platform coding CodeMonkey (www.codemonkey.com), dimana peserta kompetisi akan diberi coding challenges untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan teknik programming yang cocok untuk kiddos di level SD.  Pada tahun  ini, MangoSTEEMS Indonesia kembali mengadakan Coding Olympics 2024 – Indonesia dengan edisi fast track. “Fast track edition” berarti bahwa pada kompetisi tahun ini, peserta akan memiliki waktu yang lebih singkat (kurang dari satu bulan) untuk mempersiapkan diri. Selain itu, kompetisi ini juga menjadi bagian dari Coding Olympics 2024 Singapore, sebuah kompetisi internasional yang diselenggarakan oleh CodeMonkey Singapore bekerja sama dengan Singapore Science Center Global dan MangoSTEEMS Singapore, dan diikuti oleh peserta dari kawasan ASEAN dan sekitarnya. KodeKiddo sebagai salah satu partner  MangoSTEEMS Indonesia mendampingi para peserta COI yang berasal dari murid aktif KodeKiddo, partner sekolah ataupun peserta umum. Kriteria Peserta : Group  A : Siswa Kelas 2 & 3 SD, atau berusia maksimal 9 tahun pada Juli 2024  Group B : Siswa  Kelas 4 & 5 SD, atau berusia maksimal 11 tahun pada Juli 2024 Timeline Coding Olympics Indonesia Pendaftaran Pendaftaran dibuka dari tanggal 19 Februari – 31 Maret 2024 Technical Meeting Dilakukan secara Online Webinar tgl 7 April 2024 pukul 10.30 WIB Final Grup A via LIVE ZOOM (online) 28 April 2024 – 10.30 WIB Final Grup A via LIVE ZOOM Penyisihan Grup B via LIVE ZOOM (online) 28 April 2024 – 14.00 WIB Penyisihan Grup B via LIVE ZOOM Final Grup B via LIVE ZOOM (online) 12 Mei 2024 – 10.30 WIB Final Grup B via LIVE ZOOM Pengumuman Pemenang Juara 19 Mei 2024 – Pengumuman Pemenang Juara Hadiah Coding Olympics Indonesia Juara 1: Rp 1,000,000 + tiket CO Singapore senilai Rp 900,000, Piala Penghargaan, Medali, Sertifikat Juara 2: Rp 750,000 + tiket CO Singapore senilai Rp 900,000, Piala Penghargaan, Medali, Sertifikat Juara3: Rp 500,000 + tiket CO Singapore senilai Rp 900,000, Piala Penghargaan, Medali, Sertifikat Peringkat 4: Rp 300,000, Medali, Sertifikat Peringkat 5: Rp 300,000, Medali, Sertifikat Peringkat 6: Rp 300,000, Medali, Sertifikat Peringkat 7: Rp 200,000, Medali, Sertifikat Peringkat 8: Rp 200,000, Medali, Sertifikat Peringkat 9: Rp 200,000, Medali, Sertifikat Peringkat 10: Rp 200,000, Medali, Sertifikat Peringkat 11: Souvenir dari sponsor, Medali, Sertifikat Peringkat 12: Souvenir dari sponsor, Medali, Sertifikat Peringkat 13: Souvenir dari sponsor, Medali, Sertifikat Peringkat 14: Souvenir dari sponsor, Medali, Sertifikat Peringkat 15: Souvenir dari sponsor, Medali, Sertifikat Congratulation to all winners Berikut adalah daftar pemenang dari Coding Olympics Indonesia (COI) dari KodeKiddo : Kategori A Muhammad Al Shafraz Arrasyid SDI Al Azhar 44 Summarecon Bekasi HAKIM YARRAMOVIC AMAITH SDIT Al Azhar 53 Brebes MUHAMMAD RAFDANY KURNIAWAN SD Anak Saleh Malang GREGORIUS BENEDICT Sekolah Pelita Bangsa ARDHITIO BUDI BASKORO Kharisma Bangsa Kategori B ALEXANDER SANTOSO Tzu Chi Primary School ARTHUR RICHARD T Kasih Karunia MUHAMMAD SHADIQ IFALDI SD Taruna Bakti MASOUD PIO HARTHA HARDIANTO SD Taruna Bakti WARREN TEVENI Saint John Gading Serpong ZAKY BILAL PURNOMO Asshodriyah Islamic School Berikut adalah daftar pemenang Top 15 Coding Olympics Indonesia (COI) secara keseluruhan. Pertanyaan? Hubungi KodeKiddo di : Whatsapp +62 813-5329-1190 EMAIL [email protected]

read more

Codeavour 5.0 Global Winners

Codeavour Coding & AI Competition Codeavour merupakan kompetisi international Artificial Intelligence (AI), Coding, dan robotic dari STEMPedia menggunakan platform PictoBlox bagi anak anak berusia 7 – 18 tahun. Kompetisi ini diikuti oleh peserta dari berbagai belahan dunia secara serempak, dimana mereka saling mempresentasikan hasil karya mereka kepada dunia. Kompetisi ini terbagi dalam beberapa kategori sesuai dengan level usia, mulai dari Elementary, Junior hingga Senior. Di periode kali ini, KodeKiddo menjadi Official Exclusive Country Partner dari Codeavour untuk negara Indonesia. Sebelum beranjak ke level Global (International), Kodekiddo juga mengadakan  kompetisi Codeavour 5th Edition 2023 di level Indonesia yang terdiri dari Regional Round dan National Round. Di Indonesia, kompetisi ini telah diikuti oleh lebih dari 200 perserta / team yang mulai berkompetisi dari level penyisihan yang dilakukan secara Online. Sebanyak 75 peserta/team terpilih dan bertanding kembali di level regional di berbagai KodeKiddo Center di berbagai kota di Indonesia secara serempak pada tanggal 25 Feb 2024. 30 Peserta terpilih untuk bertanding di level National yang diadakan pada tanggal 9 Maret 2024 di Jakarta. Hingga akhirnya, 9 Peserta terpilih dari Indonesia, dikirim untuk bertanding ke level Global di Dubai UEA tanggal 4-5 May 2024 kemarin bersama ratusan peserta dari berbagai negara. * 1 team peserta berhalangan untuk hadir di kompetisi level global ini. Mikhayla TeamMikhayla Super S TeamAlexander SantosoLeonardo Santoso CreateCode TeamMichelle Ivy Mulyono Junior Farmer TeamBenjamin Joseph Lie Icenoid TeamLionel Timothy All for Jesus TeamVincentius Alvino Louis GunawanHaskell Kay KurniawanRodrigo Kenneth Richardo Jacquelyn TeamJacquelyn Calista Chen ECAIA TeamAlthafazrais Widyanatha Watusi TeamAlfon Ricardo Lucman Congratulation to All Global Round Winners! Dari 9 team yang bertanding di Dubai, mempresentasikan project mereka, berhasil memenangkan 6 awards mewakili team dari Indonesia. Berikut adalah nama-nama Kiddos yang telah mengharumkan nama Indonesia di Coding & AI Competition berskala Global (International). Melody AI MAI is about re-imagine new ways to experience the music with coding and AI. In this project, we are using pictoblox with the AI and ML features to create new experience to play and learn music. We are also creating new personalized music instrument using Arduino. Just like sand meets sea in the beach.. Through MAI, music meets technology.. To create your music experience.. as easy, fun, beautiful and memorable as your vacation in the beach. Music is an universal language, where everybody with different languages, different ethnicities, different cultures, different era could be connected. It’s a powerful tools to send messages and express yourself to the whole world in peaceful way. Hence in this era, where technology is enhancing all aspects of human’s life, we foresee that technology’s contribution in music industry is still left behind. Through MAI, we are trying to superimpose music with another subject, such as math, art, paint, emotion, AI and ML with coding. video project Vendicine Vendicine is a machine that detects acne’s, urine and the weather, and is also capable of calculating BMI from speech-to-text input. It will then dispense an item to help with said thing, such as some medicine if the user has an acne or give tips on how to stay healthy during certain weather. We used the Lego EV3 hardware for movement and detection and picked the Automating the Surroundings & Strengthen the Health Infrastructure theme. video project Healthy Life for Teens Starting a healthy life for teens is a very important thing for their present and future. The issue with the current generation is that adults may realize of the importance of a healthy lifestyle just when diseases hit due to this unhealthy lifestyle. Thus it is important to form a healthy lifestyle during the teenage years. Why at this point? It’s due to the self made choices related to food and activity. Because of that I made a program dedicated for teenagers to develop a healthy lifestyle. The AI in this project I made here can help teens in having a healthy lifestyle in an exciting way. It can help them to do some exercise like dancing. It can also help them to obtain the correct nutrition, for example by scanning their food and getting the nutritional information for their food, as well as a healthier replacement for processed foods. video project Spellbound Signs Introducing Spellbound Signs, an educational game put together to help you master the American Sign Language alphabet. Spellbound Signs provides an engaging ASL-learning environment for those hard of hearing and their loved ones, regardless of their age. By incorporating interactive and hands-on elements into the learning process, Spellbound Signs aims to optimize learning ASL while fostering enjoyment and involvement in players. This is critical as 6.1% of the world are hard of hearing. Help Willy the Wizard whack some ghosts with his whimsical magic hand poses. This game assesses the player’s proficiency in accurately executing the hand poses representing the alphabet. Spellbound Signs features six levels, each focusing on a specific range of alphabets. The segmented learning approach of the alphabet allows for easier digestion of the letters, improving their retention. video project Planticon Planticon is an AI-Machine learning site where people who aspire to be gardening can know the basic of planting while learning more about plants. With this site, you can create, learn, know, and see. Planticon teaches you how to take care and plant your plant properly using specific sentences that are easy to understand. Planticon not only has one option for you to choose from, but eight various options for you to choose. Plants need more recognition for they give us life, with this AI and Machine-learning site, you can learn about the ways of a plant, how they communicate using their appearances and how to reply back. Not only does Planticon focus on plants, but yet also their fruits and vegetables, to their nutritional facts and what they are, Planticon has the answers you are looking for. video project Codeavour Ambassador for Indonesia Alex sebagai salah satu Student Ambassador Codeavour, mendapat award special “Champion Changemaker” sebagai apresiasi atas aktivitas Alex dalam mendukung kegiatan Codeavour di Indonesia.

read more

Coolest Project 2024

Apa itu Coolest Projects? Coolest Projects adalah showcase inovasi teknologi terkemuka di dunia yang diselenggarakan oleh organisasi UK Raspberrypi.org, untuk kiddos SD – SMA. Pada tahun 2024, KodeKiddo kembali mewadahi kegiatan ini. Melalui online showcase, peserta memiliki kesempatan untuk memamerkan keterampilan teknis mereka sambil mengembangkan kepercayaan diri, koneksi komunitas, dan pengetahuan dalam lingkungan yang mendukung pertumbuhan di seluruh dunia. More information http://bit.ly/PPT-KKCool24   FAQ Apa Perbedaan Mendaftar di KodeKiddo dengan Raspberrypi.org Langsung? KodeKiddo siap membantu para peserta dari seluruh daerah Tanah Air yang ingin bergabung dan mendaftar pada kompetisi ini hingga pada saat proses submit ke Raspberrypi.org.  Jika mendaftar langsung melalui website Raspberrypi.org, silahkan untuk mendaftar dan mengikuti dari website Coolest Projects global secara mandiri (https://coolestprojects.org/). Untuk jalur ini, peserta tidak mengikuti kompetisi National Round KodeKiddo. Pemenang tidak akan mendapatkan hadiah voucher KodeKiddo namun hanya mendapatkan Sertifikat + Projects terpublish di situs resmi Coolest Projects. Siapa saja yang Bisa Ikut? Peserta Umum dan Murid aktif seluruh cabang KodeKiddo dan ECA KodeKiddo berusia 7 – 18 tahun. Peserta dapat sebagai Individu atau Grup (maks. 2 kiddos) dengan kategori umur: SD / Elementary SMP / Junior SMA / Senior Bagaimana Cara Mendaftarnya? Mengisi Registrasi Form Menentukan salah satu dari kategori Projects berikut:   Scratch  Games (Non-Scratch Based) Unity Python Web HTML CSS JavaScript Mobile Apps MIT Inventor Hardware Arduino Microbit Advanced Programming Python C++ Jika peserta pernah mengirimkan Projects ini ke Coolest Projects tahun-tahun sebelumnya, peserta diwajibkan untuk membuat perubahan yang signifikan dari Projects tersebut Kapan Tanggal Penting Kegiatan? Registration and submission: 25 Maret – 5 April 2024 Submission deadline: 15 Mei 2024 Global Celebration Live Stream: 26 Juni 2024 Apa yang Didapat Peserta dan Pemenang? Setiap kategori umur akan mendapatkan Top Projects Nasional: Voucher KodeKiddo 750rb + sertifikat Runner Up Nasional: Voucher KodeKiddo 500rb + sertifikat Second Runner Up Nasional: Voucher KodeKiddo 250rb + sertifikat Seluruh peserta mendapat sertifikat + Projects terpublish di situs resmi raspberrypi.org   Apa Contoh Topiknya? Projects saya terkait dengan masalah di komunitas saya  Pilih topik Komunitas jika Projects Anda dirancang untuk meningkatkan kesadaran akan (atau memecahkan) masalah yang Anda perhatikan di masyarakat kita dan merasa penting. Ini bisa berhubungan dengan penyakit mental, tunawisma, diskriminasi, atau keadilan sosial, atau bisa juga mengatasi kondisi atau kurangnya perilaku apa pun yang memiliki konsekuensi negatif bagi kelompok di komunitas Anda.  Projects saya berkaitan dengan lingkungan  Pilih topik Lingkungan jika Projects Anda dirancang untuk meningkatkan kesadaran akan masalah lingkungan atau memecahkan masalah yang penting untuk memelihara atau memperbaiki lingkungan alami kita. Ini bisa terkait dengan ilmu bumi, perubahan iklim, alam, keanekaragaman hayati, atau topik lingkungan lainnya.  Projects saya tentang kesehatan, kesejahteraan, atau obat-obatan  Pilih topik Kesehatan jika Projects Anda dirancang untuk meningkatkan kesadaran atau memecahkan masalah yang penting bagi kesehatan dan kesejahteraan orang-orang di masyarakat kita. Ini bisa terkait dengan COVID-19, gaya hidup sehat, diet, olahraga, penyakit, pengobatan, pencegahan, atau topik kesehatan dan kesejahteraan lainnya. Projects saya adalah tentang FUN  Pilih topik FUN jika Projects Anda dirancang untuk menghibur orang yang terlibat dengannya. Itu bisa membantu orang rileks, bersenang-senang, atau memikirkan sesuatu yang mereka sukai. Ini bisa berupa game, film, cerita, mainan, atau objek digital lain yang menghibur dan menarik. Projects saya artistik atau kreatif  Pilih topik Seni jika Projects Anda adalah karya kreatif yang dirancang untuk diapresiasi keindahan atau kekuatan emosional dari suara dan visualnya, dengan atau tanpa interaksi dari penonton. Ini bisa berupa karya musik, seni visual, animasi, gambar, kolase, f ilm, atau objek digital lain yang menarik secara estetika.  Projects saya mengajari orang tentang sesuatu Pilih topik Pendidikan jika Projects Anda dirancang untuk membantu orang mempelajari sesuatu, melatih keterampilan, atau memberikan pengetahuan kepada pengguna. Ini bisa berupa game, film, cerita, kuis, animasi, atau objek digital pendidikan lainnya. Projects saya tentang saya, keluarga saya, atau budaya saya Pilih topik Identitas jika Projects Anda dirancang untuk berbagai aspek kehidupan, budaya, atau kepribadian Anda dengan pengguna yang penting bagi Anda. Ini bisa terkait dengan keyakinan Anda, norma budaya atau sosial tempat Anda tinggal, identitas pribadi atau gender Anda, atau hal lain tentang kehidupan Anda yang bersifat pribadi bagi Anda atau seseorang yang dekat dengan Anda Apa saja Kategori Projectnya? 1) Scratch  Scratch merupakan alat pemrograman visual berbasis block yang dapat digunakan peserta untuk membuat berbagai Projects dengan mudah, sementara mereka juga belajar tentang dunia pemrograman komputer yang lebih maju. Scratch dapat digunakan online dan gratis di browser web atau dapat mengunduhnya di PC/Laptop. Bagi peserta yang memilih kategori Scratch, peserta wajib mengumpulkan Projects dengan kategori Scratch meskipun Projects adalah game. Bagi peserta yang memilih Scratch, peserta wajib mengumpulkan link URL Projects Scratch Scratch yang bisa diakses public. Untuk kategori Projects lain , tidak perlu mengumpulkan link ke project   2) Games (Non-Scratch Based) Kategori ini mencakup segala jenis game yang dibuat dalam bahasa pemrograman selain Scratch. Peserta dalam kategori ini akan menggunakan bahasa pemrograman berbasis teks seperti: Unity Python   3) Web Projects dalam kategori ini adalah aplikasi berbasis web pada topik apa pun yang Anda suka, dari halaman informatif hingga aplikasi interaktif. Situs dapat dibuat menggunakan: HTML CSS JavaScript   4) Mobile Apps Kategori ini mencakup Projects yang melibatkan aplikasi interaktif untuk ponsel atau tablet yang membantu, menginformasikan, atau menghibur orang. Peserta dapat mendemonstrasikan aplikasi di perangkat seluler, seperti ponsel atau tablet, atau dapat menggunakan emulator berbasis desktop. kategori ini akan menggunakan bahasa pemrograman seperti: MIT Inventor (Bagi peserta yang memilih kategori Mobile Apps, peserta wajib menggunakan aplikasi emulator dalam video presentasinya)   5) Hardware Kategori ini menggunakan robot, menjalankan suatu mesin ataupun peretasan hardware, dimana peserta dapat membuat projek menggunakan platform hardware seperti:  Arduino Microbit   6)Advanced Programming Kategori ini membawa ke tingkat teknis lebih lanjut. Maksudnya Ini mencakup proyek yang ditulis dalam bahasa tingkat lanjut, seperti: Python C++ Bagaimana Detail Video Presentasinya? Peserta wajib membuat video (dalam bahasa Inggris) untuk menjelaskan project, demo & menunjukan coding untuk Projects tersebut. Dalam video, peserta wajib menjawab ketiga pertanyaan berikut. Presentasi dan deskripsi Projects harus dalam bahasa Inggris. Menjelaskan tentang Projects yang dibuat, alasan mengapa peserta membuat Projects ini, dan dijelaskan kegunaan/manfaatnya. (Why did you choose to make this project?)  Menjelaskan kesulitan

read more

Codeavour 5.0, Dukung Anak Indonesia Kompetisi Coding

RSVP Liputan dari https://www.liputan6.com/regional/read/5546826/codeavour-50-dukung-anak-indonesia-kompetisi-coding Codeavour 5.0, Dukung Anak Indonesia Kompetisi Coding Codeavour 5.0 hadir kembali, KodeKiddo Sebagai Official Exclusive Country Partner mengadakan kompetisi Codeavour di Indonesia di level Regional Round dan National Round Liputan6.com, Jakarta – Codeavour 5.0 hadir kembali, kompetisi internasional Artificial Intelligence (AI), coding, robotic dari STEMPedia menggunakan platform Pictoblox. KodeKiddo Sebagai Official Exclusive Country Partner mengadakan kompetisi Codeavour di Indonesia di level Regional Round dan National Round. Tujuan acara Codeavour adalah meningkatkan kesadaran mengenai UN sustainable goals melalui inovasi menggunakan teknologi AI dan coding, dengan peserta anak-anak berusia 7-18 tahun. Pada kompetisi ini terbagi menjadi tiga (3) kategori terdiri dari, Elementary (7-10 tahun), Junior (11-14 tahun) dan Senior (15-18 tahun). Setiap peserta telah melalui tahapan seleksi Regional hingga National. Pemenang pada seleksi National Round akan diundang ke Dubai untuk melakukan kompetisi tahap Global Round. Pemenang pada National Round akan mendapat voucher, uang tunai, dan merchandise dan diundang mewakili Indonesia ke Dubai, UAE, dengan total hadiah sampai dengan IDR 350jt.  “Kegiatan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena tahun ini seluruh peserta secara langsung presentasi tentang idenya,” kata Founder KodeKiddo Meilani Hendrawijaya di ACS Jakarta Timur pada Sabtu, 9 Maret 2024 “Dari kami sangat berharap perwakilan Indonesia yang berkompetisi di Dubai dapat maju ke tahapan selanjutnya untuk berkompetisi di Meksiko, dan juga kegiatan ini dapat menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia agar lebih tertarik dengan dunia coding” kata Meilani Diikuti 500 peserta dalam 200 Tim 30 team finalis level Regional akan mempresentasikan project mereka di hadapan para juri dan mentor Lebih dari 500 peserta dalam 200 team mengikuti kompetisi Codeavour tahun ini. Seleksi Regional diadakan di tanggal 25 Februari 2024, di 12 learning centers KodeKiddo di berbagai kota di Indonesia. Dari hasil perhitungan di berbagai aspek penilaian yang sangat bersaing, dipilih Finalis Top 30 dari 3 kategori yang lolos dan masuk ke babak selanjutnya, yaitu National Round. Para finalis dari level Regional diundang ke tahap seleksi National Round  yang diselenggarakan di sekolah ACS, Jakarta Timur pada Sabtu, 9 Maret 2024. Dalam event ini, 30 team finalis level Regional akan mempresentasikan project mereka di hadapan para juri dan mentor dari dunia teknologi, pendidikan, dan industri.  “Saya sangat cinta dengan Coding, dan ide saya adalah Healthy for Teens karena saya sadar kesehatan itu sangat penting sejak dini,”kata Jacqueline salah satu peserta dari Jakarta. Para Pemenang Codeavour 5.0 sumber : https://www.liputan6.com/regional/read/5546826/codeavour-50-dukung-anak-indonesia-kompetisi-coding

read more

Codeavour 5.0 Kompetisi Internasional AI Coding dan Robotic untuk Anak-anak

Liputan dari https://fokal.id/codeavour-5-0-kompetisi-internasional-ai-coding-dan-robotic-untuk-anak-anak.html Codeavour 5.0, Kompetisi Internasional AI, Coding dan Robotic untuk Anak-anak 10 Team Finalist Indonesia National Round Coding & AI Competition Codeavour 5.0 yang akan lanjut ke Global Round Jakarta, fokal.id – STEMPedia menggelar kompetisi internasional Artificial Intelligence (AI), coding, robotic yang bernama Codeavour 5.0 dengan menggunakan platform Pictoblox untuk anak-anak berusia 7 – 18 tahun. Tujuan acara Codeavour tahun ini adalah meningkatkan kesadaran mengenai UN sustainable goals melalui inovasi menggunakan teknologi AI dan coding. Di tahun 2024 ini KodeKiddo dipercaya untuk bekerja sama dengan STEMPedia dalam menyelenggarakan Codeavour 5.0 di Indonesia. KodeKiddo sebagai Official Exclusive Country Partner mengadakan kompetisi Codeavour di Indonesia di level Regional Round dan National Round. Pada kompetisi ini terbagi menjadi tiga (3) kategori terdiri dari, Elementary (7-10 tahun), Junior (11-14 tahun) dan Senior (15-18 tahun). “KodeKiddo berdiri di Indonesia sejak 2016, sekarang hadir lebih dari 28 cabang di berbagai kota di Indonesia. Hari ini kita mengadakan acara kompetisi coding untuk anak-anak. Codeavour dilaksanakan setiap tahun, tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan secara online. Tahun ini pertama kali secara tatap muka. Kegiatan ini tentunya lebih seru karena anak-anak bisa berinteraksi secara langsung. Inovasinya tidak hanya software, tapi hardware juga. Sehingga bisa dilihat secara langsung dan didemokan ke tim juri”, ujar Founder KodeKiddo, Meilani Hendrawidjaja saat ditemui pada Sabtu (9/3/2024). Setiap peserta telah melalui tahapan seleksi Regional hingga National. Pemenang pada seleksi National Round akan diundang ke Dubai untuk melakukan kompetisi tahap Global Round. Pemenang pada National Round akan mendapat voucher, uang tunai, dan merchandise dan diundang mewakili Indonesia ke Dubai, UAE, dengan total hadiah sampai dengan 350 juta rupiah. Lebih dari 500 peserta dalam 200 tim mengikuti kompetisi Codeavour tahun ini. Seleksi Regional diadakan di tanggal 25 Februari 2024, di 12 Learning Centers KodeKiddo di berbagai kota di Indonesia. Dari hasil perhitungan di berbagai aspek penilaian yang sangat bersaing, dipilih Finalis Top 30 dari 3 kategori yang lolos dan masuk ke babak selanjutnya, yaitu National Round. Berikut nama tim dan presentasi project mereka di: https://kodekiddo.com/codeavour-national-finalist/ Para finalis dari level Regional diundang ke tahap seleksi National Round yang diselenggarakan di sekolah ACS, Jakarta Timur pada Sabtu, 9 Maret 2024 “Penilaian lomba ini menggunakan penilaian yang sama di seluruh dunia, ada aspek technical coding dan AI serta aspek bagaimana menggunakan ide ini untuk memecahkan masalah. Tema-tema yang diangkat dari PBB seperti lingkungan hidup, kesehatan, pendidikan, dan mental health. Sehingga anak-anak bisa mewujudkan idenya dengan menggunakan teknologi ini”, lanjut Meilani. Dalam event ini, 30 tim finalis level Regional akan mempresentasikan project mereka di hadapan para juri dan mentor dari dunia teknologi, pendidikan, dan industri. Terdapat beberapa juri dan mentor Codeavour National Round yaitu Rezki Yunanda – Dosen Bina Nusantara University, Pandu Sastrowardoyo –  Founder & CEO DeBio.Network, Jerry Undampo – General Manager Gramedia Academy,  Panji Arisaputra – Dosen Bina Nusantara University, Indrajani – Wakil Direktur Talenta IAIS (Indonesia AI Society), Davida Ayu – President Society of Women Engineers Affiliate Jakarta, Kristien Margi – Dosen Bina Nusantara University, Bianto Surodjo – Director Allianz Life, Edward Sanusi – CTO PT Link Net Tbk., dan Shelly Morin – Dosen Universitas Media Nusantara Citra. “Anak-anak sudah mengenali coding sejak usia dini. Ini sangat bagus dengan cara anak-anak memanfaatkan smartphone dengan baik. Anak-anak yang belajar coding dan AI, menurut saya sangat penting. Saya melihat para siswa berpikir bahwa coding penting karena di dunia ini pasti ada algoritma. Ini skills yang sangat dibutuhkan”, ujar CEO STEMPedia, Dhrupal Shah. Dari 30 finalis yang mempresentasikan projectnya telah dipilih 10 pemenang yang akan melanjutkan ke Codeavour 5.0 tingkat Global di Dubai. Berikut adalah para pemenang Codeavour 5. Nasional Indonesia: Kategori Code Girls: Jacquelyn Calista Chen dengan project Healthy Life for Teens Kategori Elementary: Mikhayla Leandra Krisbayu dengan project Planticon, Gerardus Yohan Ramadean dan Nathanael Ardhani dengan project Suistainable STEM Gardening Kits, Alexander Santoso dan Leonardo Santoso dengan project Melody AI Kategori Junior: Benjamin Joseph Lie dengan project AgriForecast; Lionel Timothy dengan project IMASH (Intelligent Machine Architecting Sustained Enviornmment); Vincentius Alvino Louis Gunawan, Praskell Kay Kurniawan, dan Rodrigo Kenneth Richardo dengan project Vendicine Kategori Senior: Alfon Ricardo Lucman dengan project Spellbound Signs; Jeremy Suryasaputra, Stefan Jacob Saro Silitonga, dan Maxmilian Halim dengan project Search and Rescue Drone (SARD); Nathanael Nicolas Chang, Nicholas Chung dan Junico Pratama Teguh dengan project EcoSort Selain presentasi oleh finalis, acara Codeavour National Round ini juga terbuka untuk publik yang ingin mengikuti berbagai workshops dari KodeKiddo dan partner pendukung acara. Ada 3 Workshops Parenting + 2 Workshops untuk anak TK – SMA, dengan berbagai topik yang sangat menarik. “Harapan kedepannya anak-anak bisa membuat prototype dan produk fisik karena coding menjadi sangat penting. Contohnya mereka bisa menggunakan coding untuk mengontrol produk fisik seperti drone, kamera pendeteksi postur tubuh, sensor kadar air di kebun, dan lain sebagainya,” tutup Dhrupal. sumber : https://fokal.id/codeavour-5-0-kompetisi-internasional-ai-coding-dan-robotic-untuk-anak-anak.html

read more

STEMPedia Dan KodeKiddo Gelar Kompetisi Coding Dan AI Internasional, “Codeavour 5.0”

Liputan dari https://itechmagz.id/2024/03/11/stempedia-dan-kodekiddo-gelar-kompetisi-coding-dan-ai-internasional-codeavour-5-0/ STEMPedia Dan KodeKiddo Gelar Kompetisi Coding Dan AI Internasional, “Codeavour 5.0” 10 Team Finalist Indonesia National Round Coding & AI Competition Codeavour 5.0 yang akan lanjut ke Global Round Jakarta, itechmagz.id -Codeavour 5th Edition merupakan kompetisi internasional Artificial Intelligence (AI), coding, robotic dari STEMPedia dengan menggunakan platform Pictoblox bagi anak-anak berusia 7 – 18 tahun. Tujuan acara Codeavour tahun ini adalah meningkatkan kesadaran mengenai UN sustainable goals melalui inovasi menggunakan teknologi AI dan coding. Di tahun 2024 ini KodeKiddo dipercaya untuk bekerja sama dengan STEMPedia dalam menyelenggarakan Codeavour 5.0 di Indonesia. KodeKiddo sebagai Official Exclusive Country Partner mengadakan kompetisi Codeavour di Indonesia di level Regional Round dan National Round. Pada kompetisi ini terbagi menjadi tiga (3) kategori terdiri dari, Elementary (7-10 tahun), Junior (11-14 tahun) dan Senior (15-18 tahun). “Setiap peserta telah melalui tahapan seleksi Regional hingga National. Pemenang pada seleksi National Round akan diundang ke Dubai untuk melakukan kompetisi tahap Global Round. Pemenang pada National Round akan mendapat voucher, uang tunai, dan merchandise dan diundang mewakili Indonesia ke Dubai, UAE, dengan total hadiah sampai dengan 350 juta rupiah”, ujar Founder KodeKiddo, Meilani Hendrawidjaja. “Dubai diorganisir oleh STEMPedia yang basenya di India. Mereka punya banyak partner di berbagai negara, di Indonesia berpartner dengan KodeKiddo. Dubai dipilih untuk kompetisi internasional tahun ini karena tempatnya strategis”, lanjut Meilani. Lebih dari 500 peserta dalam 200 tim mengikuti kompetisi Codeavour tahun ini. Seleksi Regional diadakan di tanggal 25 Februari 2024, di 12 Learning Centers KodeKiddo di berbagai kota di Indonesia. Dari hasil perhitungan di berbagai aspek penilaian yang sangat bersaing, dipilih Finalis Top 30 dari 3 kategori yang lolos dan masuk ke babak selanjutnya, yaitu National Round. Berikut nama tim dan presentasi project mereka di: https://kodekiddo.com/codeavour-national-finalist/ Para finalis dari level Regional diundang ke tahap seleksi National Round yang diselenggarakan di sekolah ACS, Jakarta Timur pada Sabtu, 9 Maret 2024. Dalam event ini, 30 tim finalis level Regional akan mempresentasikan project mereka di hadapan para juri dan mentor dari dunia teknologi, pendidikan, dan industri. Terdapat beberapa juri dan mentor Codeavour National Round yaitu Rezki Yunanda – Dosen Bina Nusantara University, Pandu Sastrowardoyo –  Founder & CEO DeBio.Network, Jerry Undampo – General Manager Gramedia Academy,  Panji Arisaputra – Dosen Bina Nusantara University, Indrajani – Wakil Direktur Talenta IAIS (Indonesia AI Society), Davida Ayu – President Society of Women Engineers Affiliate Jakarta, Kristien Margi – Dosen Bina Nusantara University, Bianto Surodjo – Director Allianz Life, Edward Sanusi – CTO PT Link Net Tbk., dan Shelly Morin – Dosen Universitas Media Nusantara Citra. “Saya sangat senang melihat antusias anak-anak mengikuti project di Codeavour 5.0 ini. Mereka membahas tentang sustainability dan berbagai area STEM. Berbagai project dari pulau di Indonesia yang berbeda berkumpul di sini, di Jakarta. Kreativitas anak-anak Indonesia sangat bagus. Coding adalah skills yang baru untuk di umur generasi muda saat ini. Coding dan algoritma sangat dibutuhkan untuk anak-anak muda di saat ini dan di masa depan. Seperti di media sosial Snapchat dan Instagram yang membutuhkan algoritma, saya rasa ini sangat penting”, ujar Dhrupal Shah, CEO STEMPedia. Dari 30 finalis yang mempresentasikan projectnya telah dipilih 10 pemenang yang akan melanjutkan ke Codeavour 5.0 tingkat Global di Dubai. Berikut adalah para pemenang Codeavour 5. Nasional Indonesia: Kategori Code GirlsJacquelyn Calista Chen dengan project Healthy Life for Teens Kategori Elementary Mikhayla Leandra Krisbayu dengan project Planticon Gerardus Yohan Ramadean dan Nathanael Ardhani dengan project Suistainable STEM Gardening Kits Alexander Santoso dan Leonardo Santoso dengan project Melody AI Kategori Junior Benjamin Joseph Lie dengan project AgriForecast Lionel Timothy dengan project IMASH (Intelligent Machine Architecting Sustained Enviornmment) Vincentius Alvino Louis Gunawan, Praskell Kay Kurniawan, dan Rodrigo Kenneth Richardo dengan project Vendicine Kategori Senior Alfon Ricardo Lucman dengan project Spellbound Signs Jeremy Suryasaputra, Stefan Jacob Saro Silitonga, dan Maxmilian Halim dengan project Search and Rescue Drone (SARD) Nathanael Nicolas Chang, Nicholas Chung dan Junico Pratama Teguh dengan project EcoSort Selain presentasi oleh finalis, acara Codeavour National Round ini juga terbuka untuk publik yang ingin mengikuti berbagai workshops dari KodeKiddo dan partner pendukung acara. Ada 3 Workshops Parenting + 2 Workshops untuk anak TK – SMA, dengan berbagai topik yang sangat menarik. “Harapan dalam jangka pendek saya ada pemenang dari tim perwakilan Indonesia yang menuju ke Dubai. Dari pemenang Dubai pun ada seleksi yang mendapatkan full beasiswa ke Meksiko pada bulan Agustus. Harapan jangka menengah dan panjangnya semoga tidak hanya anak-anak yang mengikuti kompetisi ini saja, tetapi masyarakat luar semakin mengetahui tentang coding”, tutup Meilani. sumber : https://itechmagz.id/2024/03/11/stempedia-dan-kodekiddo-gelar-kompetisi-coding-dan-ai-internasional-codeavour-5-0/

read more

Codeavour 5.0 National Winners

Codeavour Coding & AI Competition Codeavour merupakan kompetisi international Artificial Intelligence (AI), coding, dan robotic dari STEMPedia menggunakan platform PictoBlox bagi anak anak berusia 7 – 18 tahun. KodeKiddo sebagai Official Exclusive Country Partner dari Codeavour mengadakan kompetisi Codeavour 5th Edition 2023 Indonesia level, yang terdiri dari Regional Round dan National Round. 10 peserta terpilih akan mewakili indonesia dalam mengikuti Codeavour 5th Edition International Round yang diselenggarakan di Dubai, UEA. Lebih dari 500 peserta dalam 200 team mengikuti kompetisi Codeavour tahun ini. Seleksi Regional diadakan di tanggal 25 Februari 2024, di 12 learning centers KodeKiddo di berbagai kota di Indonesia. Dari hasil perhitungan di berbagai aspek penilaian yang sangat bersaing, dipilih Finalis Top 30 dari 3 kategori yang lolos dan masuk ke babak selanjutnya, yaitu National Round.  Simak nama team dan presentasi project mereka di sini.  Para finalis dari level Regional diundang ke tahap seleksi National Round  yang diselenggarakan di sekolah ACS, Jakarta Timur pada Sabtu, 9 Maret 2024. Dalam event ini, 30 team finalis level Regional mempresentasikan project mereka di hadapan para juri dan mentor dari dunia teknologi, pendidikan, dan industri.  Berikut adalah juri dan mentor untuk Codeavour National Round beserta Founder KodeKiddo (Ms. Meilani Hendrawidjaja) dan CEO & Cofounder STEMPedia dari India (Mr. Dhrupal Shah). Mr. Rezki Yunanda, Dosen Bina Nusantara University Ms. Pandu Sastrowardoyo, Founder & CEO DeBio.Network Mr. Jerry Undampo, General Manager, Gramedia Academy Mr. Panji Arisaputra, Dosen Bina Nusantara University Ms. Indrajani, Wakil Direktur Talenta IAIS (Indonesia AI Society) Ms. Davida Ayu, President Society of Women Engineers Affiliate Jakarta Ms. Kristien Margi, Dosen Bina Nusantara University Mr. Bianto Surodjo, Director Allianz Life Mr. Edward Sanusi, CTO PT Link Net Tbk Shelly Morin – Dosen Universitas Media Nusantara Citra Congratulation to all National Round Winners..!!! Dari 30 finalis yang mempresentasikan projectnya telah dipilih 10 pemenang yang akan  melanjutkan ke Codeavour 5.0 tingkat Global di Dubai. Berikut adalah para pemenang  Codeavour 5.0 Nasional Indonesia :  Mikhayla Leandra Krisbayu Planticon Project Descriptions × Planticon is an AI-Machine learning site where people who aspire to be gardening can know the basic of planting while learning more about plants. With this site, you can create, learn, know, and see. Planticon teaches you how to take care and plant your plant properly using specific sentences that are easy to understand. Planticon not only has one option for you to choose from, but eight various options for you to choose. Plants need more recognition for they give us life, with this AI and Machine-learning site, you can learn about the ways of a plant, how they communicate using their appearances and how to reply back. Not only does Planticon focus on plants, but yet also their fruits and vegetables, to their nutritional facts and what they are, Planticon has the answers you are looking for. video project Gerardus Yohan Ramadean Nathanael Ardhani Menang Sustainable STEM Gardening Kits Project Descriptions × We began making prototypes using kitchen tools and reusable items, showing our dedication to sustainability right from the start. With simple yet effective methods, we turn food waste into rich compost for gardening. This process is part of our Sustainable STEM Gardening Kits, which involve auto chopping and composting using Arduino, along with auto irrigation using a soil moisture sensor, all designed to make gardening more accessible and eco-friendly. Our goal is to empower individuals of all ages to engage in sustainable practices while enjoying the benefits of gardening, promoting environmental stewardship and education. video project Alexander Santoso Leonardo Santoso Melody AI Project Descriptions × MAI is about re-imagine new ways to experience the music with coding and AI. In this project, we are using pictoblox with the AI and ML features to create new experience to play and learn music. We are also creating new personalized music instrument using Arduino. Just like sand meets sea in the beach..Through MAI, music meets technology..To create your music experience.. as easy, fun, beautiful and memorable as your vacation in the beach. Music is an universal language, where everybody with different languages, different ethnicities, different cultures, different era could be connected. It’s a powerful tools to send messages and express yourself to the whole world in peaceful way. Hence in this era, where technology is enhancing all aspects of human’s life, we foresee that technology’s contribution in music industry is still left behind. Through MAI, we are trying to superimpose music with another subject, such as math, art, paint, emotion, AI and ML with coding. video project Benjamin Joseph Lie AgriForecast Project Descriptions × Background :Regeneration process among farmers around the world is concerning, as there are fewer and fewer young farmers due to agriculture being perceived as unenticing, as well as factors such as lack of experience and access to capital, land and market opportunities. Agriculture is associated with working for so long under the hot sun, dealing with mud, and facing the risk of harvest failure. Moreover, with the current situation, global warming changes the weather and temperature, a manual approach is more difficult to be applied. Our Project :AgriForecast is an AI-based project that can make accurate predictions on agriculture harvests. This project will help young and inexperienced farmers get a better picture of what to expect from their crops. This project can serve as a simulation to determine which kind of crops are more profitable to plant based on several influencing factors. AgriForecast uses Machine Learning with Regression method to predict harvests based onLocation (country).Types of crops.Average Annual Rainfall (mm/year) Average Annual Temperature (in celcius)Fertilizer Consumption per year (in tonnes) Pesticide Consumption per year (in tonnes) video project Lionel Timothy iMash (Intelligent Machine Architecting Sustained Hydration) Project Descriptions × Imash, standing for Intelligent Machine Architecting Sustained Hydration, is an advanced smart system designed to monitor your daily water intake meticulously anytime . It not only tracks the amount of water you drink but also alerts you to potential side effects of dehydration inside your body. This smart dispenser comes equipped with innovative features beyond your imagination, ensuring you stay hydrated

read more

Codeavour 5.0 National Finalist

Codeavour Coding & AI Competition National Round yang akan diadakan tgl 9 Maret 2024 di ACS School Jakarta. Simak 30 team finalist yang telah lolos ke babak ini.

read more

Codeavour 5.0 Regional Round

Codeavour Coding & AI Competition Regional Finalist yang akan diadakan di KodeKiddo Center di berbagai lokasi secara bersamaan. Simak top 75 team yang telah lolos ke round ini.

read more

Coding Olympics Indonesia 2024

Coding OLYMPICS INDONESIA 2024 Kompetisi Coding untuk SD kelas 2-5 (Live via Zoom) Apa itu Coding Olympics Indonesia? Pada tahun 2024, KodeKiddo bersama  iGroup-MangoSTEEMS kembali menggelar Coding Olympics 2024 – Indonesia Level. Kompetisi ini merupakan ajang kompetisi coding tahunan yang ditujukan untuk murid Sekolah Dasar (SD)  di platform coding CodeMonkey (www.codemonkey.com), dimana peserta kompetisi akan diberi coding challenges untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan teknik programming yang cocok untuk kiddos di level SD.  Selain berkompetisi, kiddos akan mengasah dan mendapatkan pengetahuan computer programming, problem-solving (kemampuan memecahkan masalah), mathematical logic thinking (kemampuan berpikir secara logis dan matematis), serta critical thinking (kemampuan untuk berpikir kritis). Kriteria Peserta : Group  A : Siswa Kelas 2 & 3 SD, atau berusia maksimal 9 tahun pada Juli 2024  Group B : Siswa  Kelas 4 & 5 SD, atau berusia maksimal 11 tahun pada Juli 2024 Platform Lomba Lomba Coding Olympic Indonesia (COI) menggunakan platform belajar coding:  CodeMonkey.  CodeMonkey adalah platform pembelajaran koding yang dirancang khusus untuk anak-anak, yang menawarkan pendekatan belajar melalui permainan dan puzzle untuk membantu kiddo memahami konsep dasar pemrograman dan pengembangan keterampilan komputasional. Hal lainnya adalah:  CodeMonkey sangat user-friendly, bahkan bagi murid yang belum pernah belajar coding dikarenakan setiap materi mencakup instruksi dan petunjuk yang disesuaikan untuk mempermudah pembelajaran. CodeMonkey mengajarkan coding berbasis block dan teks, sehingga membiasakan murid untuk melakukan programming seperti developer di dunia nyata. Materi coding CodeMonkey sangat berkaitan erat dengan konsep matematika, sehingga murid dapat melihat aplikasi pengetahuan matematika untuk mendukung coding. Timeline Coding Olympics Indonesia Pendaftaran Pendaftaran dibuka dari tanggal 19 Februari – 31 Maret 2024 Technical Meeting Dilakukan secara Online Webinar tgl 7 April 2024 pukul 10.30 WIB Final Grup A via LIVE ZOOM (online) 28 April 2024 – 10.30 WIB Final Grup A via LIVE ZOOM Penyisihan Grup B via LIVE ZOOM (online) 28 April 2024 – 14.00 WIB Penyisihan Grup B via LIVE ZOOM Final Grup B via LIVE ZOOM (online) 5 Mei 2024 – 10.30 WIB Final Grup B via LIVE ZOOM Pengumuman Pemenang Juara 12 Mei 2024 – Pengumuman Pemenang Juara Hadiah Coding Olympics Indonesia Kategory A (kelas 2-3) Juara 1 Rp. 1.000.000,- Piala & Tiket Coding Olympics Singapore 2024 Juara 2 Rp. 750.000,- Piala & Tiket Coding Olympics Singapore 2024 Juara 3 Rp. 500.000,-Piala & Tiket Coding Olympics Singapore 2024 Top 10 Medali & Uang saku Kategory B (kelas 4-5) Juara 1 Rp. 1.000.000,- Piala & Tiket Coding Olympics Singapore 2024 Juara 2 Rp. 750.000,-Piala & Tiket Coding Olympics Singapore 2024 Juara 3 Rp. 500.000,-Piala & Tiket Coding Olympics Singapore 2024 Top 10 Medali & Uang saku Coding Challenge Group A (Siswa Kelas 2 & 3 SD): Block Coding (Beaver Achiever) & Text Coding  (Coding Adventure part 1)  Group B (Siswa Kelas 4 & 5 SD):   Text Coding (Coding Adventure 1-3) & Challenge Builder Contoh Challenge Platform overview : https://youtu.be/o3geZ_0r_3Q Pendaftaran biaya pendaftaran Rp. 200.000,- Termasuk untuk : akun CodeMonkey yang berlaku hingga 30hari workshop pendampingan peserta untuk materi CodeMonkey dan overview kompetisi e-sertifikat kesempatan memenangkan jutaan rupiah hadiah!   *Diskon 50rb untuk murid aktif di Learning Center KodeKiddo atau Remote Class Syarat : Peserta melampirkan fotocopy Akta Kelahiran & Bukti Pembayaran saat melakukan pendaftaran daftar sekarang Special Class: Intensive Coding Olympic Class Ingin ikut kompetisi tapi belum pernah belajar coding di CodeMonkey? Jangan kawatir, semua peserta dapat mengikuti workshop pendampingan model webinar (termasuk di biaya pendaftaraan). Jika ingin persiapan lebih intensif, peserta dapat mendaftar di Special Class Coding Olympics.  kelas ratio kecil  4 sesi x 75 menit via live zoom dengan pendampingan pengajar KodeKiddo latihan di platform CodeMonkey, menggunakan materi kompetisi seperti  Block Coding (Beaver Achiever) & Text Coding (Coding Adventure & Challenge Builder ) Class interaktif dan menyenangkan serta dirancang khusus membantu kiddos memahami konsep pemrograman dengan cepat melalui permainan, tantangan algoritma dan simulasi pada tantangan-tantangan yang mirip dengan apa yang akan kiddo temui dalam kompetisi sebenarnya. Promo Special Class Coding Olympics: hanya Rp 525.000,- ! Pertanyaan? Hubungi KodeKiddo di : Whatsapp +62 813-5329-1190 EMAIL [email protected]

read more

Bebras Challenge 2023 Result

Congratulations for another good result from KodeKiddo kiddos in Bebras Challenge USA 2023!!!

Every year, KodeKiddo brings our students to join Bebras Challenge USA, with many more participants in 2023.

read more

Codeavour 5.0 Open

[Webinar gratis untuk anak anak usia 7-18 tahun]
“Codeavour 5.0 2023-2024”

Apakah Kiddos penasaran tentang dunia Artificial Intelligence?

Bergabunglah dengan kami dalam webinar “Codeavour 5.0 International”, yang memperkenalkan pentingnya Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML) serta cara membuat proyek AI dan ML dengan PictoBlox.

Kejuaraan global AI, Coding, dan Robotika ini mendorong kreativitas, inovasi, di kalangan siswa berusia 7 hingga 18 tahun. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk menjelajahi pemrograman, AI, ML, AR-VR, dan Robotika. Let’s code for a sustainable future!

read more

WEBINAR : Use AI to Enhance Human Intelligence

Webinar GRATIS untuk Kiddos!! Tentang bagaimana AI dapat membantu Kiddos dalam meningkatkan Human Intelligence.
Dibawakan oleh Ms. Meilani, founder dari KodeKiddo.

Kiddos bukan hanya sekedar mendapatkan wawasan baru tentang AI, tapi juga langsung praktek menggunakan Scratch atau Python (tengatung dari preferensi dan level kiddos sendiri)

Ayoo.. buruan daftar!! GRATIS..!!!

read more

Event KodeKiddo: Kids Coding Festival – Malang 2023

Kodekiddo menggelar Event Nasional Coding Girls X School Battle 2023. Diawali Webinar Girls Go Tech dengan narasumber Farah Luthfi Oktarina (Frontend Web Developer MTarget ), dan dilanjutkan kompetisi koding yang diikuti oleh peserta dari seluruh penjuru tanah air, dan semuanya mengirimkan karya yang luar biasa keren. Babak Final yang dilangsungkan secara luring di kota Bandung pun tidak menyurutkan semangat Indonesian Young Coders untuk hadir. Banyak peserta dari luar kota Bandung yang juga hadir untuk bertanding kembali memperebutkan juara pertama. Mereka harus menghadapi 3 juri hebat , yaitu Yayat Supriatna (IT Specialist UNPAR Bandung) , Meilani Hedrawidjaya (Founder Kodekiddo), Reinhart Hermanus (President IA TOKI & Co Founder/CEO Finnix).

read more

Event Nasional KodeKiddo : “Coding Girls X School Battle 2023”

Kodekiddo menggelar Event Nasional Coding Girls X School Battle 2023. Diawali Webinar Girls Go Tech dengan narasumber Farah Luthfi Oktarina (Frontend Web Developer MTarget ), dan dilanjutkan kompetisi koding yang diikuti oleh peserta dari seluruh penjuru tanah air, dan semuanya mengirimkan karya yang luar biasa keren. Babak Final yang dilangsungkan secara luring di kota Bandung pun tidak menyurutkan semangat Indonesian Young Coders untuk hadir. Banyak peserta dari luar kota Bandung yang juga hadir untuk bertanding kembali memperebutkan juara pertama. Mereka harus menghadapi 3 juri hebat , yaitu Yayat Supriatna (IT Specialist UNPAR Bandung) , Meilani Hedrawidjaya (Founder Kodekiddo), Reinhart Hermanus (President IA TOKI & Co Founder/CEO Finnix).

read more

Coolest Project 2023 Winner Announcement!

Pemenang Coolest Project 2023

Coolest Project 2023 telah berakhir dan berikut adalah hasil untuk pemenang peserta Indonesia.
Selamat untuk pemenang Cooolest Project 2023 level Indonesia.

Dengan semua proyek yang menarik telah dikumpulkan oleh semua peserta, kami dengan tulus mengucapkan selamat kepada semua peserta atas partisipasi pada kompetisi ini.

read more

Coolest Project 2023 Submission

Coolest Project 2023 Project Submission.
Lihat hasil project-project yang luar biasa yang dibuat oleh para Kiddos.
Jangan lupa dukung mereka juga dalam Likes Video Presentasinya agar terpilih menjadi Most Favorite Presentation.

read more

Codeavour Competition 2022 Indonesia Winner Announcement!

Pemenang Codeavour 2022

Codeavour 2022 telah berakhir dan berikut adalah hasil untuk pemenang peserta Indonesia.
Selamat untuk pemenang Codeavour 2022 level Indonesia.

Dengan semua proyek yang menarik telah dikumpulkan oleh semua peserta, kami dengan tulus mengucapkan selamat kepada semua peserta atas partisipasi pada kompetisi ini.

read more

Codeavour 2022 Submission

CodeAvour 2022 International Competition Submission. Sebuah Coding Competition tingkat dunia yang diikuti oleh peserta dari berbagai negara di seluruh dunia.

Ayo, Lihat dan Dukung karya-karya mereka.

read more

Bebras Challenge 2022 Result

Congratulations for another good result from KodeKiddo kiddos in Bebras Challenge USA 2022!!!

Every year, KodeKiddo brings our students to join Bebras Challenge USA, with many more participants in 2022. The challenges were delivered in KodeKiddo classes between 7 – 23 Nov, 2022.

read more

Mereka juga ingin belajar

KodeKiddo Peduli ikut berpartisipasi dalam mendukung pendidikan anak Indonesia dengan membantu memberikan fasilitas kepada mereka yang juga ingin ikut belajar digital.

read more

Meta EFTW Global Winner from KodeKiddo

EFTW Impact Award Winner! Dari acara EFTW Spring 2022, Meta telah mengumumkan 10 pemenang global Impact Awards yang dipilih dari berbagai organisasi pendidikan di seluruh dunia. Prestasi yang membanggakan datang dari salah satu student KodeKiddo Malang, Alliya Hanisa dengan project Destroy The Cause of Global Warming, project ini terpilih sebagai salah satu Sprint Impact Award dari ratusan peserta dari seluruh dunia. Pemilihan pemenang ini dilakukan langsung oleh Staff Meta dan EFTW Facilitator selama kurang lebih 3 bulan sejak submission ditutup 31 Mei 2022. Aliyya Hanisah adalah student KodeKiddo dari Kota Malang yang sudah aktif bergabung belajar coding sejak Januari 2021. Dengan semangat Aliyya berhasil mencapai sebuah milestone baru melalui project luar biasa yang disiapkan untuk kegiatan Engineer for The Week by META. Dalam project ini Aliyya menyiapkan sebuah games yang mengangkat topik mengenai global warming, pada design statement Aliyya menjelaskan mengapa topik ini penting karena “Many people use fuel that is not environmentally friendly and pollute the environment with plastic which causes global warming. Global warming will cause a lot of damage to the Earth”. Melalui keberhasilannya Aliyya akan menerima hadiah langsung dari Meta headquarter.  Congratulations Aliyya Hanisah! Destroy The Cause of Global Warming by Aliyya Hanisah https://scratch.mit.edu/projects/681281677 Lihat pengumuman lengkap semua semua pemenang Impact Awards di website Meta: https://engineerfortheweek.fb.com/impact/ KodeKiddo Coding Competitions Untuk kiddos yang ingin belajar coding dan berpartisipasi di acara-acara kompetisi coding berikutnya, yuk join kelas KodeKiddo.  Jadwalkan kelas trial GRATIS di sini! Referensi: Pengumuman pemenang level Indonesia: https://kodekiddo.com/eftw-winners-announcement/ Informasi event Engineer for the Week 2022 dengan KodeKiddo https://kodekiddo.com/eftw/

read more

PixelPad Submissions

Python game jam with PixelPad 2022 Project Submission Good job untuk semua yang sudah mengumpulkan project Python Games yang dibuat dengan PixelPad. Banyak sekali hasil kreasi kiddos yang kreatif dan seru dimainkan!! Berikut adalah semua project yang telah dikumpulkan peserta. Kalian dapat mencoba game project tersebut langsung melalui Project URL yang tercantum & melihat video presentasi mereka History of independent Indonesia by I Gede Gaston Ganeswara (SD6) Project Presentation | Project Link by I Gede Gaston Ganeswara (Grade SD6) Perayaan Kemerdekaan Indonesia by Jayden Luckyanto (SD4) Project Presentation | Project Link by Jayden Luckyanto (Grade SD4) RPG Independence Day by Fergie Gunawan Anwar (SMP8) Project Presentation | Project Link by Fergie Gunawan Anwar (Grade SMP8) Potong Barang by Vincentius Alvino Louis Gunawan (SMP7) Project Presentation | Project Link by Vincentius Alvino Louis Gunawan (Grade SMP7) Test by Felix Joel Marcello (SMP8) Project Presentation | Project Link by Felix Joel Marcello (Grade SMP8) Indonesia’s Independence Day Minigames by Wilson Gani (SMA10) Project Presentation | Project Link by Wilson Gani (Grade SMA10) Space Shooter by Adli Rahmansah (SMP7) Project Presentation | Project Link by Adli Rahmansah (Grade SMP7) Makan Kerupuk by Arka Jenar Ma’arif (SMA10) Project Presentation | Project Link by Arka Jenar Ma’arif (Grade SMA10) Flag Collecting by Putu Ayu Paramitha Widyantari (SD4) Project Presentation | Project Link by Putu Ayu Paramitha Widyantari (Grade SD4) Jago Balap Karung by Azzam Abiyu Heraka (SD5) Project Presentation | Project Link by Azzam Abiyu Heraka (Grade SD5) Battle of Jump Sack by Brendan Budiman (SD6) Project Presentation | Project Link by Brendan Budiman (Grade SD6) Indonesian Pride Hero by Alkah Fadam Yudistira (SD6) Project Presentation | Project Link by Alkah Fadam Yudistira (Grade SD6) Indonesia by Gerald So (SMP7) Project Presentation | Project Link by Gerald So (Grade SMP7) Lomba Sepak Bola 17 Agustus by Clarissa Natania (SD5) Project Presentation | Project Link by Clarissa Natania (Grade SD5) Kerupuk Clicker by Devinrich Lim (SMP7) Project Presentation | Project Link by Devinrich Lim (Grade SMP7) Indonesia Tower Defense by Darren Audy Kosasih (SMA10) Project Presentation | Project Link by Darren Audy Kosasih (Grade SMA10) Makan kerupuk berjalan by Satria Danish Pharmasena Prakosa (SD5) Project Presentation | Project Link by Satria Danish Pharmasena Prakosa (Grade SD5) Against The Invaders by Aliyya Hanisah (SD6) Project Presentation | Project Link by Aliyya Hanisah (Grade SD6) Panjat Pinang by Jovannes Adryan (SMP8) Project Presentation | Project Link by Jovannes Adryan (Grade SMP8) RPG Find Flag by Kenzie Arkanradi Giri (SD5) Project Presentation | Project Link by Kenzie Arkanradi Giri (Grade SD5) Froggyz Ninja 17 Agustus by Adinata Bambang Barnes Saputro (SD6) Project Link by Adinata Bambang Barnes Saputro (Grade SD6) 17th MiniGames by Valerie Liang Alianto (SMA12) Project Presentation | Project Link by Valerie Liang Alianto (Grade SMA12) Cracker Cruncher by Kevin Alvaro Budilaksono (SMP7) Project Presentation | Project Link by Kevin Alvaro Budilaksono (Grade SMP7) Food Slashers by Christopher Evano Susanto (SMP7) Project Presentation | Project Link by Christopher Evano Susanto (Grade SMP7) 17 August by Jullien Ferdinand (SD6) Project Presentation | Project Link by Jullien Ferdinand (Grade SD6) Lomba 17 Agustus by Jefferson Matthew Adidjaja (SMP7) Project Presentation | Project Link by Jefferson Matthew Adidjaja (Grade SMP7) Sack Race by Benjamin Othniel Nugraha (SMP7) Project Presentation | Project Link by Benjamin Othniel Nugraha (Grade SMP7) Sack Race Game Special For Indonesia Independence Day by Muhammad Akbar Putra Aditya (SMP7) Project Presentation | Project Link by Muhammad Akbar Putra Aditya (Grade SMP7) Labirin Gerilya by Jonathan Edlin (SD6) Project Presentation | Project Link by Jonathan Edlin (Grade SD6) Panjat Pinang by Morgan Liem (SMP7) Project Presentation | Project Link by Morgan Liem (Grade SMP7) Panjat Pinang by Ulul ‘Azmi Djazuli Amaith (SMP7) Project Presentation | Project Link by Ulul ‘Azmi Djazuli Amaith (Grade SMP7) Project Merdeka by Christopher Arvin Prasetyo (SD5) Project Presentation | Project Link by Christopher Arvin Prasetyo (Grade SD5) Misi Rengasdengklok by Josh Owen Hadiyanto (SMP8) Project Presentation | Project Link by Josh Owen Hadiyanto (Grade SMP8) Save Indonesian’s Hero by Syabil Zidan Arasyi (SD5) Project Presentation | Project Link by Syabil Zidan Arasyi (Grade SD5) RPG Game Indonesia Merdeka by Genza Hadiwijaya Wahab (SD6) Project Presentation | Project Link by Genza Hadiwijaya Wahab (Grade SD6) Future Independence by Carlos Keiran Indrawan (SMP8) Project Presentation | Project Link by Carlos Keiran Indrawan (Grade SMP8) “Just Game” – Tug of War for Celebrating Indonesia’s Independence Day by Tobias Yanson Siswandi (SD3) Project Presentation | Project Link by Tobias Yanson Siswandi (Grade SD3) 1945 – Indonesia Merdeka by Arkhalif Agasa Adivito (SMP7) Project Presentation | Project Link by Arkhalif Agasa Adivito (Grade SMP7) Climb the Pole! by Amarissa Gavriella Saputra (SMP9) Project Presentation | Project Link by Amarissa Gavriella Saputra (Grade SMP9) Dari panitia PixelPad Game Jam telah memeriksa semua hasil project dan memilih top scorers dari masing-masing kategori untuk melakukan live presentation di acara Final PixelPad Game Jam di 28 Agustus 2022. Whatsapp +62 822 8785 6058  (untuk mendaapatkan link Zoom -nya) Peserta Game Jam yang lain akan mendapat kesempatan mencoba hasil kreasi kiddos yang lain dan melakukan voting untuk menentukan final winners! Di acara ini, kita akan memilih Juara 1, 2, & 3 dari masing-masing kategori SD, SMP, dan SMA dengan hadiah Arduino Kit dan jutaan voucher KodeKiddo. Top SCORERs Kategori SD History of Independent Indonesia by I Gede Gaston Ganeswara (SD6) Project Link by Amarissa Gavriella Saputra (Grade SD6) Jago Balap Karung by Azzam Abiyu Heraka (SD5) Project Link by Azzam Abiyu Heraka (Grade SD5) Lomba Sepak Bola 17 Agustus by Clarissa Natania (SD5) Project Link by Clarissa Natania (Grade SD5) Labirin Gerilya by Jonathan Edlin (SD6) Project Link by Jonathan Edlin (Grade SD6) Perayaan Kemerdekaan Indonesia by Jayden Luckyanto (SD4) Project Link by Jayden Luckyanto (Grade SD4) Kategori SMP Panjat Pinang by Morgan Liem (SMP7) Project Link by Morgan Liem (Grade SMP7) Misi Rengasdengklok by Josh Owen Hadiyanto (SMP8) Project Link by Josh Owen Hadiyanto (Grade SMP8) Indonesia Independence Game by Gerald So (SMP7) Project Link by Gerald So (Grade SMP7) Sack

read more

Pelatihan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia & KodeKiddo

Pelatihan Guru tema konsep pemrograman dan kecerdasan artifisial Thematic Academy (TA) merupakan salah satu akademi pada program Digital Talent Scholarship yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dengan tujuan meningkatkan keterampilan digital ke berbagai kalangan & berharap dapat berdampak bagi peningkatan kualitas hidup. Pelatihan besar ini dijalankan sejak 11 April – 28 May 2022 dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Thematic Academy tahun ini memberikan pelatihan non sertifikasi kepada ribuan peserta. Di program Thematic Academy ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menggandeng KodeKiddo (PT Generasi Kode Cerdas) sebagai salah satu mitra dalam pelatihan “Pengenalan Coding dan Artificial Intelligence (AI) Untuk Tenaga Pendidik SD – SMP”. KodeKiddo terpilih menjadi mitra pelatihan ini berdasarkan beberapa keunggulan KodeKiddo yang dinilai mendukung tujuan pelatihan, seperti:  KodeKiddo memiliki banyak pengalaman dalam menyelenggarakan berbagai acara pembelajaran programming, coding & AI untuk komunitas anak-anak Indonesia, seperti KiddoHack, Mini Hackathon for Kids, Global Hour of Codes, Free Webinar for Kids & Parents, KiddoFAIR, Regular Class Coding & AI (tatap muka dan daring) hingga kelas Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler di berbagai sekolah yang sudah bekerjasama. KodeKiddo memiliki lebih dari 200 pengajar dalam tim, yang telah dilatih untuk dapat melakukan proses pengajaran dengan baik dalam bidang STEM, coding, computer science, digital skills, computational thinking hingga kecerdasan artifisial. KodeKiddo telah menjalin kerjasama yang sukses dengan berbagai organisasi edukasi dalam menyelenggarakan berbagai aktivitas yang selaras seperti kegiatan GecoFest dengan Unika Soegijapranata, KiddoHack dengan Generation Girls dan Universitas Katolik Parahyangan. Pusat pembelajaran cabang KodeKiddo ada di berbagai lokasi di Indonesia, baik di dalam maupun luar Pulau Jawa. Dengan kapasitas pengajar dan ruangan di berbagai pusat pembelajaran tersebut, KodeKiddo dapat mendukung kegiatan secara daring atau pendampingan tatap muka di masa mendatang. Penyelenggaraan pelatihan ini dilaksanakan dalam dua tahapan. Pada tahap pertama, tim pengajar KodeKiddo melaksanakan ToT (Training of Trainer) dengan 70 dosen jurusan informatika dari berbagai universitas swasta dan negeri dari seluruh indonesia yang menjadi pesertanya. Tujuannya supaya para dosen mampu menjadi pengajar di pelatihan topik serupa di lokasi domisili masing-masing yang tersebar dari berbagai wilayah Indonesia. Pelatihan tahap pertama ini juga dilakukan secara daring selama 2 hari.  Pada tahap kedua, tim pengajar KodeKiddo melaksanakan Pelatihan AI untuk Tenaga Kependidikan SD – SMP (dan sederajat) dari seluruh wilayah Indonesia. Di tahap kedua ini, terdata sekitar 2500 guru SD – SMP mengikuti dari berbagai daerah di Indonesia. Pelatihan ini dilakukan secara daring selama 5 hari melalui aplikasi Zoom dengan total 42 JP (Jam Pelajaran). Selama pelatihan, peserta mempelajari banyak mengenai konsep pemrograman dan kecerdasan artifisial yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran di sekolah. Pelaksanaan pelatihan dilakukan melalui skema kelas daring dengan aplikasi Zoom dan dibagi ke beberapa puluh kelas untuk menjamin kualitas pengajaran dengan membatasi jumlah peserta per kelas. Setiap kelas rata-rata memiliki jumlah peserta sebanyak 45-48 peserta dengan satu pengajar dan satu host/admin untuk membantu kelangsungan kelas tetap kondusif. Dalam setiap kelas, posisi tim admin and pengajar ditangani oleh anggota dari tim KodeKiddo dari berbagai cabang KodeKiddo. Dengan posisi atau latar belakang posisi tersebut, membuat acara ini semakin berkualitas dan diharapkan dapat berdampak besar kepada peserta. Dalam pelatihan Thematic Academy ini,  peserta harus memenuhi beberapa syarat untuk mendapatkan sertifikat kelulusan, yaitu peserta mendapat NMK (Nilai Minimum Kelulusan) sebesar 60 dan mengisi tautan formulir evaluasi pada hari akhir pelatihan. Dalam NMK tersebut, komposisi nya terdiri dari Tingkat Kehadiran x 10%, Kuis Harian x 30%, Proyek x 30%, dan Tes Akhir x 30%. Pelaksanaan dari pelatihan ini terbagi menjadi dua platform pembelajaran atau LMS (Learning Management System) yaitu melalui SIMPKB (Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) Guru belajar dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan platform Google Sites dari KodeKiddo. Penyediaan dua platform belajar dilakukan untuk mendukung kebutuhan jalannya pelatihan. Melalui dua platform pembelajaran tersebut, peserta dapat memiliki akses ke slide materi presentasi yang disampaikan oleh pemateri, tautan menuju kuis yang dilaksanakan setiap harinya, tautan menuju penjelasan aktivitas hands-on sebagai penunjang peserta untuk memahami materi pelatihan hingga tautan untuk mengunduh materi pembelajaran sebagai berkas file PDF.  Pelaksanaan pelatihan berlangsung selama 5 hari dengan aktivitas serta topik materi seperti berikut: Hari Pertama : Diawali dengan penyampaian materi mengenai dasar pemrograman seperti  sequence, loops, dan variables serta praktek koding menggunakan platform Scratch. Hari Kedua : Materi kembali diisi dengan penjelasan yang lebih rinci mengenai konsep-konsep pemrograman dan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai platform Quizizz sebagai salah satu platform penunjang proses pembelajaran terutama pembelajaran daring. Hari Ketiga : Setelah diperkuat pengetahuan peserta selama 2 hari dengan pembahasan dasar pemrograman, pada hari ketiga materi mengenai Kecerdasan Artifisial (KA) baru diberikan kepada peserta. Materi dimulai dengan penjelasan rinci mengenai konsep KA dengan 5 ide besar KA, perbedaan KA dengan tradisional programming, dan pengertian mengenai konsep machine learning serta etika dan privasi dalam penggunaannya. Hari Keempat : Pada pertemuan ini, peserta dikenalkan dengan platform KA bernama Poseblocks. Pada pembahasannya peserta juga dapat melakukan praktek langsung dengan membuat animasi interaktif maupun game dengan platform ini. Selain itu, peserta juga mendapat kesempatan untuk mencoba platform Teachable Machine dari Google dimana peserta dapat membuat model machine learning sendiri dan dapat diintegrasikan pada project peserta di platform Poseblocks. Hari Kelima : Pada pertemuan terakhir di hari kelima ini, diberikan materi mengenai implementasi teknologi KA serta contoh dan penjelasan singkat mengenai platform pembelajaran KA lainnya jika peserta ingin bereksplorasi lebih jauh dalam pembelajaran menggunakan KA. Gambar di atas merupakan contoh project yang dibuat oleh peserta pelatihan Thematic Academy dengan menggunakan Kecerdasan Artifisial. Harapan kami kedepannya adalah peserta dapat bereksplorasi secara mandiri dengan materi yang telah diberikan dan membuat proses pembelajaran menjadi lebih interaktif di era digitalisasi ini.  Sampai pada akhirnya, acara Thematic Academy selesai dan telah mendapat banyak masukan positif serta KodeKiddo berharap bisa memberikan dampak yang besar atas hadirnya pelatihan ini. Anda juga dapat melihat berbagai tautan mengenai jalan nya pelatihan melalui link berikut : Informasi tautan contoh hasil project peserta :  Project animasi interaktif Scratch :  https://scratch.mit.edu/projects/676497046  https://scratch.mit.edu/projects/675042007  https://scratch.mit.edu/projects/667535910/ Project kuis interaktif Quizizz :  https://quizizz.com/admin/quiz/625a2a21c8a824001de4326b/kecerdasan-buatan https://quizizz.com/admin/quiz/625677003d8940001da3ea35/hari-3-kuis-coding-perkenalan-ai Informasi Thematic Academy di sosial media KodeKiddo melalui link berikut https://www.instagram.com/p/Cbi0lXrvNQL/?utm_source=ig_web_copy_link Contoh Hasil Sertifikat Peserta

read more

Coding Olympics Indonesia 2022

Coding OLYMPICS INDONESIA 2022 Kompetisi Coding kusus untuk anak SD apa itu Coding Olympics Indonesia? Coding Olympics Indonesia 2022 merupakan ajang kompetisi coding tahunan yang ditujukan untuk murid Sekolah Dasar (SD) yang diorganisir oleh iGroup – MangoSTEEMS, bekerja sama dengan KodeKiddo. Coding Olympics 2022 merupakan kompetisi coding pertama yang didukung secara resmi oleh CodeMonkey di Indonesia. Kompetisi ini dilakukan di platform coding CodeMonkey, dimana peserta kompetisi akan diberi coding challenges untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan teknik programming yang cocok untuk kiddos di level SD. Selain berkompetisi, kiddos akan mengasah & mendapatkan pengetahuan computer programming, kemampuan memecahkan masalah (problem-solving), kemampuan berpikir secara logis dan matematis (mathematical logic thinking), serta kemampuan untuk berpikir kritis (critical thinking). Kriteria Peserta : Kategori A : Siswa SD Kelas 3-4 (berusia maks. 10 tahun pada 31 Juli 2022) Kategori B : Siswa SD Kelas 5-6 (berusia maks. 12 tahun pada 31 Juli 2022) Kenapa CODEMONKEY? CodeMonkey adalah Online Web Platform dengan kurikulum intuitif bagi anak-anak untuk mempelajari coding. CodeMonkey mengajak murid belajar coding menggunakan elemen interaktif seperti game. CodeMonkey sangat user-friendly, bahkan bagi murid yang belum pernah belajar coding. Setiap materi mencakup instruksi dan petunjuk yang disesuaikan untuk mempermudah pembelajaran. CodeMonkey mengajarkan coding berbasis teks, sehingga membiasakan murid untuk melakukan programming seperti developer di dunia nyata. Materi coding CodeMonkey sangat berkaitan erat dengan konsep matematika, sehingga murid dapat melihat aplikasi pengetahuan matematika untuk mendukung coding. Timeline Coding Olympics Indonesia Pendaftaran Pendaftaran dibuka dari tanggal 27 Juni – 01 Oktober 2022 Webinar Perkenalan Coding Olympics Dilakukan secara Online Webinar tgl 17 July 2022 Workshop Pelatihan Peserta (gratis) Dilakukan tanggal 21 Agustus 2022 Pengumpulan Akhir Coding Challenges Batas akhir pengumpulan Coding Challenges adalah 28 Oktober 2022 Kompetisi Tingkat Nasional secara Daring (online) Kompetisi akan dilakukan di bulan November 2022 Kompetisi Tingkat Asia Tenggara secara Daring (online) Kompetisi akan dilakukan di bulan Desember 2022 Hadiah Coding Olympics Indonesia Kategory A (kelas 3-4) Juara 1 Rp. 5.000.000,- Juara 2 Rp. 2.000.000,- Juara 3 Rp. 1.000.000,- Top 10 Rp. 500.000,- Kategory B (kelas 5-6) Juara 1 Rp. 5.000.000,- Juara 2 Rp. 2.000.000,- Juara 3 Rp. 1.000.000,- Top 10 Rp. 500.000,- Coding Challenge Kategori A (SD Kelas 3-4) : Dodo Does Math Contoh coding Challenge Platform overview : https://youtu.be/lLvZ_uihCfU Kategori B (SD Kelas 5-6) : Coding Adventure 1-3B Contoh coding Challenge Platform overview : https://youtu.be/o3geZ_0r_3Q Pendaftaran biaya pendaftaran Rp. 250.000,- Termasuk untuk : Akun CodeMonkey yang berlaku hingga Desember 2022 Webinar untuk memperkenalkan platform CodeMonkey & overview kompetisi Workshop pendampingan peserta untuk materi CodeMonkey e-sertifikat 250 top scorers akan diundang ke live final challenge (online) Kesempatan memenangkan jutaan rupiah hadiah Syarat : Peserta melampirkan fotocopy Akta Kelahiran & Bukti Pembayaran saat melakukan pendaftaran daftar sekarang Pertanyaan? Hubungi KodeKiddo di : Whatsapp +62 8950 7495 285 EMAIL [email protected]

read more