Pelatihan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia & KodeKiddo

Pelatihan Guru tema konsep pemrograman dan kecerdasan artifisial

pelatihan

Thematic Academy (TA) merupakan salah satu akademi pada program Digital Talent Scholarship yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dengan tujuan meningkatkan keterampilan digital ke berbagai kalangan & berharap dapat berdampak bagi peningkatan kualitas hidup. Pelatihan besar ini dijalankan sejak 11 April – 28 May 2022 dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Thematic Academy tahun ini memberikan pelatihan non sertifikasi kepada ribuan peserta.

Di program Thematic Academy ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menggandeng KodeKiddo (PT Generasi Kode Cerdas) sebagai salah satu mitra dalam pelatihan “Pengenalan Coding dan Artificial Intelligence (AI) Untuk Tenaga Pendidik SD – SMP”. KodeKiddo terpilih menjadi mitra pelatihan ini berdasarkan beberapa keunggulan KodeKiddo yang dinilai mendukung tujuan pelatihan, seperti: 

  • KodeKiddo memiliki banyak pengalaman dalam menyelenggarakan berbagai acara pembelajaran programming, coding & AI untuk komunitas anak-anak Indonesia, seperti KiddoHack, Mini Hackathon for Kids, Global Hour of CodesFree Webinar for Kids & Parents, KiddoFAIRRegular Class Coding & AI (tatap muka dan daring) hingga kelas Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler di berbagai sekolah yang sudah bekerjasama.
  • KodeKiddo memiliki lebih dari 200 pengajar dalam tim, yang telah dilatih untuk dapat melakukan proses pengajaran dengan baik dalam bidang STEM, coding, computer science, digital skills, computational thinking hingga kecerdasan artifisial.
  • KodeKiddo telah menjalin kerjasama yang sukses dengan berbagai organisasi edukasi dalam menyelenggarakan berbagai aktivitas yang selaras seperti kegiatan GecoFest dengan Unika Soegijapranata, KiddoHack dengan Generation Girls dan Universitas Katolik Parahyangan.
  • Pusat pembelajaran cabang KodeKiddo ada di berbagai lokasi di Indonesia, baik di dalam maupun luar Pulau Jawa. Dengan kapasitas pengajar dan ruangan di berbagai pusat pembelajaran tersebut, KodeKiddo dapat mendukung kegiatan secara daring atau pendampingan tatap muka di masa mendatang.

Penyelenggaraan pelatihan ini dilaksanakan dalam dua tahapan. Pada tahap pertama, tim pengajar KodeKiddo melaksanakan ToT (Training of Trainer) dengan 70 dosen jurusan informatika dari berbagai universitas swasta dan negeri dari seluruh indonesia yang menjadi pesertanya. Tujuannya supaya para dosen mampu menjadi pengajar di pelatihan topik serupa di lokasi domisili masing-masing yang tersebar dari berbagai wilayah Indonesia. Pelatihan tahap pertama ini juga dilakukan secara daring selama 2 hari. 

Pada tahap kedua, tim pengajar KodeKiddo melaksanakan Pelatihan AI untuk Tenaga Kependidikan SD – SMP (dan sederajat) dari seluruh wilayah Indonesia. Di tahap kedua ini, terdata sekitar 2500 guru SD – SMP mengikuti dari berbagai daerah di Indonesia. Pelatihan ini dilakukan secara daring selama 5 hari melalui aplikasi Zoom dengan total 42 JP (Jam Pelajaran). Selama pelatihan, peserta mempelajari banyak mengenai konsep pemrograman dan kecerdasan artifisial yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran di sekolah.

Pelaksanaan pelatihan dilakukan melalui skema kelas daring dengan aplikasi Zoom dan dibagi ke beberapa puluh kelas untuk menjamin kualitas pengajaran dengan membatasi jumlah peserta per kelas. Setiap kelas rata-rata memiliki jumlah peserta sebanyak 45-48 peserta dengan satu pengajar dan satu host/admin untuk membantu kelangsungan kelas tetap kondusif. Dalam setiap kelas, posisi tim admin and pengajar ditangani oleh anggota dari tim KodeKiddo dari berbagai cabang KodeKiddo. Dengan posisi atau latar belakang posisi tersebut, membuat acara ini semakin berkualitas dan diharapkan dapat berdampak besar kepada peserta.

Dalam pelatihan Thematic Academy ini,  peserta harus memenuhi beberapa syarat untuk mendapatkan sertifikat kelulusan, yaitu peserta mendapat NMK (Nilai Minimum Kelulusan) sebesar 60 dan mengisi tautan formulir evaluasi pada hari akhir pelatihan. Dalam NMK tersebut, komposisi nya terdiri dari Tingkat Kehadiran x 10%, Kuis Harian x 30%, Proyek x 30%, dan Tes Akhir x 30%.

Pelaksanaan dari pelatihan ini terbagi menjadi dua platform pembelajaran atau LMS (Learning Management System) yaitu melalui SIMPKB (Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) Guru belajar dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan platform Google Sites dari KodeKiddo. Penyediaan dua platform belajar dilakukan untuk mendukung kebutuhan jalannya pelatihan. Melalui dua platform pembelajaran tersebut, peserta dapat memiliki akses ke slide materi presentasi yang disampaikan oleh pemateri, tautan menuju kuis yang dilaksanakan setiap harinya, tautan menuju penjelasan aktivitas hands-on sebagai penunjang peserta untuk memahami materi pelatihan hingga tautan untuk mengunduh materi pembelajaran sebagai berkas file PDF. 

Pelaksanaan pelatihan berlangsung selama 5 hari dengan aktivitas serta topik materi seperti berikut:

  • Hari Pertama : Diawali dengan penyampaian materi mengenai dasar pemrograman seperti  sequence, loops, dan variables serta praktek koding menggunakan platform Scratch.
  • Hari Kedua : Materi kembali diisi dengan penjelasan yang lebih rinci mengenai konsep-konsep pemrograman dan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai platform Quizizz sebagai salah satu platform penunjang proses pembelajaran terutama pembelajaran daring.
  • Hari Ketiga : Setelah diperkuat pengetahuan peserta selama 2 hari dengan pembahasan dasar pemrograman, pada hari ketiga materi mengenai Kecerdasan Artifisial (KA) baru diberikan kepada peserta. Materi dimulai dengan penjelasan rinci mengenai konsep KA dengan 5 ide besar KA, perbedaan KA dengan tradisional programming, dan pengertian mengenai konsep machine learning serta etika dan privasi dalam penggunaannya.
  • Hari Keempat : Pada pertemuan ini, peserta dikenalkan dengan platform KA bernama Poseblocks. Pada pembahasannya peserta juga dapat melakukan praktek langsung dengan membuat animasi interaktif maupun game dengan platform ini. Selain itu, peserta juga mendapat kesempatan untuk mencoba platform Teachable Machine dari Google dimana peserta dapat membuat model machine learning sendiri dan dapat diintegrasikan pada project peserta di platform Poseblocks.
  • Hari Kelima : Pada pertemuan terakhir di hari kelima ini, diberikan materi mengenai implementasi teknologi KA serta contoh dan penjelasan singkat mengenai platform pembelajaran KA lainnya jika peserta ingin bereksplorasi lebih jauh dalam pembelajaran menggunakan KA.

Gambar di atas merupakan contoh project yang dibuat oleh peserta pelatihan Thematic Academy dengan menggunakan Kecerdasan Artifisial. Harapan kami kedepannya adalah peserta dapat bereksplorasi secara mandiri dengan materi yang telah diberikan dan membuat proses pembelajaran menjadi lebih interaktif di era digitalisasi ini. 

Sampai pada akhirnya, acara Thematic Academy selesai dan telah mendapat banyak masukan positif serta KodeKiddo berharap bisa memberikan dampak yang besar atas hadirnya pelatihan ini. Anda juga dapat melihat berbagai tautan mengenai jalan nya pelatihan melalui link berikut :

Informasi tautan contoh hasil project peserta : 

  • Project animasi interaktif Scratch

Project kuis interaktif Quizizz

Informasi Thematic Academy di sosial media KodeKiddo melalui link berikut https://www.instagram.com/p/Cbi0lXrvNQL/?utm_source=ig_web_copy_link

Contoh Hasil Sertifikat Peserta