CODING COMPETITION

terbuka untuk semua

KodeKiddo selalu memberi kesempatan kepada students untuk mengikuti berbagai kompetisi dan acara coding yang mempromosikan kerja tim, kolaborasi, dan pencapaian.

kompetisi lokal

Beberapa acara dan kompetisi coding ada di tingkat lokal dan dilakukan secara langsung, dimana para students dapat lagsung berinteraksi satu sama lain dan berkolaborasi untuk memecahkan tantangan pemrograman seperti KiddoHack, Family Scratch Day.

kompetisi international

Beberapa acara dan kompetisi coding ada di tingkat International dimana students dari seluruh dunia dapat berpartisipasi melalui platform online.

Beberapa contohnya seperti

  • CoderZ Virtual 3D Robot
  • Grok Learning Web
  • Web.Comp
  • kompetisi Blocky dan Phyton
  • tangangan Bebras Computational Thinking
  • Codeavour AI Competition
  • Wonder League Competition menggunakan roboh Dash.

Coding Competition updates

Coding Olympics Indonesia 2022

Coding OLYMPICS INDONESIA 2022

Kompetisi Coding kusus untuk anak SD

Coding olympics Indonesia

apa itu Coding Olympics Indonesia?

Coding Olympics Indonesia 2022 merupakan ajang kompetisi coding tahunan yang ditujukan untuk murid Sekolah Dasar (SD) yang diorganisir oleh iGroup – MangoSTEEMS, bekerja sama dengan KodeKiddo. Coding Olympics 2022 merupakan kompetisi coding pertama yang didukung secara resmi oleh CodeMonkey di Indonesia.

Kompetisi ini dilakukan di platform coding CodeMonkey, dimana peserta kompetisi akan diberi coding challenges untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan teknik programming yang cocok untuk kiddos di level SD.

Selain berkompetisi, kiddos akan mengasah & mendapatkan pengetahuan computer programming, kemampuan memecahkan masalah (problem-solving), kemampuan berpikir secara logis dan matematis (mathematical logic thinking), serta kemampuan untuk berpikir kritis (critical thinking).

Kriteria Peserta :

  • Kategori A : Siswa SD Kelas 3-4 (berusia maks. 10 tahun pada 31 Juli 2022)
  • Kategori B : Siswa SD Kelas 5-6 (berusia maks. 12 tahun pada 31 Juli 2022)

Kenapa CODEMONKEY?

CodeMonkey adalah Online Web Platform dengan kurikulum intuitif bagi anak-anak untuk mempelajari coding.

  • CodeMonkey mengajak murid belajar coding menggunakan elemen interaktif seperti game.
  • CodeMonkey sangat user-friendly, bahkan bagi murid yang belum pernah belajar coding. Setiap materi mencakup instruksi dan petunjuk yang disesuaikan untuk mempermudah pembelajaran.
  • CodeMonkey mengajarkan coding berbasis teks, sehingga membiasakan murid untuk melakukan programming seperti developer di dunia nyata.
  • Materi coding CodeMonkey sangat berkaitan erat dengan konsep matematika, sehingga murid dapat melihat aplikasi pengetahuan matematika untuk mendukung coding.

Timeline Coding Olympics Indonesia

Pendaftaran

Pendaftaran dibuka dari tanggal 27 Juni - 01 Oktober 2022

Webinar Perkenalan Coding Olympics

Dilakukan secara Online Webinar tgl 17 July 2022

Workshop Pelatihan Peserta (gratis)

Dilakukan tanggal 21 Agustus 2022

Pengumpulan Akhir Coding Challenges

Batas akhir pengumpulan Coding Challenges adalah 28 Oktober 2022

Kompetisi Tingkat Nasional secara Daring (online)

Kompetisi akan dilakukan di bulan November 2022

Kompetisi Tingkat Asia Tenggara secara Daring (online)

Kompetisi akan dilakukan di bulan Desember 2022

Hadiah Coding Olympics Indonesia

Kategory A

(kelas 3-4)

Juara 1
Rp. 5.000.000,-

Juara 2
Rp. 2.000.000,-

Juara 3
Rp. 1.000.000,-

Top 10
Rp. 500.000,-

Kategory B

(kelas 5-6)

Juara 1
Rp. 5.000.000,-

Juara 2
Rp. 2.000.000,-

Juara 3
Rp. 1.000.000,-

Top 10
Rp. 500.000,-

Coding Challenge

Kategori A (SD Kelas 3-4) : Dodo Does Math

Contoh coding Challenge

Kategori B (SD Kelas 5-6) : Coding Adventure 1-3B

Contoh coding Challenge

Pendaftaran

biaya pendaftaran

Rp. 250.000,-

Termasuk untuk :

  • Akun CodeMonkey yang berlaku hingga Desember 2022
  • Webinar untuk memperkenalkan platform CodeMonkey & overview kompetisi
  • Workshop pendampingan peserta untuk materi CodeMonkey
  • e-sertifikat
  • 250 top scorers akan diundang ke live final challenge (online)
  • Kesempatan memenangkan jutaan rupiah hadiah

Syarat : Peserta melampirkan fotocopy Akta Kelahiran & Bukti Pembayaran saat melakukan pendaftaran

Pertanyaan? Hubungi KodeKiddo di :

EFTW Winners Announcement!

Hi, EFTW (Engineer for the Week) LEARNEARS!
Pertama KodeKiddo sebagai EFTW fasilitator di Indonesia ingin menyampaikan terima kasih kepada seluruh Kiddos yang mengumpulkan project EFTW melalui KodeKiddo. Suatu kebanggan bagi KodeKiddo untuk melihat berbagai project yang dibuat dengan tujuan yang luar biasa untuk banyak masyarakat, dan lingkungan.

Melalui ini KodeKiddo ingin memberikan apreasi kepada para peserta dengan Project Terbaik Pilihan KodeKiddo dan Project Ter-Favorit Pilihan Netizen

Penilaian Project Terbaik Pilihan KodeKiddo diukur dengan 4 komponen peniliaan, seperti, technical skills, design document, presentation and communication, originality & creativity. Untuk Project Ter-Favorit Pilihan Netizen, diukur dengan besar engagement yang didapatkan pada postingan Kiddos.

Seluruh pemenang dibawah ini akan mendapatkan hadiah dari KodeKiddo, seperti:

  • Medali
  • Sertifikat Pemenang
  • Voucher Discount Coding Regular Class

AND FINNALY *drum rolls*… HERE IS THE WINNER!

“Project Terbaik Pilihan KodeKiddo” untuk EFTW

1. PolyNatura
Created by Sean Alvin Joch Madianting & Jonathan Pirngadi
Project name : Poly Natura
Link Presentation: https://youtu.be/YUH-86H6Mf8
Total score : 38/40

2. The Water Problems
Create by Althafazrais Widyanatha
Link Presentation: https://youtu.be/P9QMMdx4U8Q
Total score : 38/40

3. Covid Destroyers
William Matthew Gunawan
Link Presentation:https://youtu.be/SdKrN7Pu2BE
Total score : 37/40

4. Green Life The Game
Created by Lionel Timothy
Link Presentation: https://youtu.be/63ue81wj1B4
Total score : 37/40

“ Project Ter-Favorit Pilihan Netizen”

1.The Clean River
Created by Rafael Hendriya Putra
With over +1200 views & +900 Likes on Youtube
Link Presentation: https://www.youtube.com/watch?v=jISSxOlSveQ

BIG CONGRATULATIONS FOR ALL THE WINNERS!

A reminder, seluruh peserta yang sudah submit project masih memiliki kesempatan untuk menang di level GLOBAL yang penilaiannya dilakukan langsung oleh META. So please look forward to it!

Referensi:

Engineer for the Week adalah kegiatan global dari Meta (previously Facebook) untuk memberi eksposure tentang bidang Engineering kepada group yang kurang terwakili dalam STEM dan menginspirasi mereka untuk menggunakan teknologi untuk dampak sosial.

Engineer for the Week memperkenalkan peserta didik pada bidang STEM dan menyediakan jalur bagi mereka untuk menciptakan dampak nyata di komunitas mereka. Melalui Engineer for the Week, peserta didik akan mendapatkan keterampilan berpikir kritis, kepercayaan diri dan teman-teman baru!

Python Game Jam with PixelPad 2022

Python Game Jam with Pixelpad 2022

KodeKiddo dengan bangga mempersembahkan “Python Game Jam with PixelPad 2022” untuk seluruh Kiddos di Indonesia!

Apa itu Python Game Jam with Pixelpad 2022?

Python Game Jam with PixelPad adalah event terbaru KodeKiddo yang bekerja sama langsung dengan PixelPad Canada untuk membuka kompetisi bagi kiddos di Indonesia yang ingin mempelajari Python Programming Language sekalian mengasah keterampilan dalam proses pembuatan game.

Event ini adalah kompetisi membuat game dengan menggunakan bahasa pemrograman Python di platform PixelPAD.  Di event ini, kiddos dapat belajar programming Python melalui cara yang fun dengan berkreasi menghasilkan game. Berbagai kegiatan di event ini dilakukan secara online, sehingga dapat diikuti kiddos dari berbagai lokasi di Indonesia.

 

Apa itu PixelPad?

PixelPad adalah platform online untuk membuat sebuah game berbasis Python tanpa harus menginstall aplikasi khusus. Platform PixelPad didesain khusus untuk memudahkan kiddos melakukan transisi dari block programming (seperti Scratch) ke text-based programming Python dengan konsep Object Oriented Programming (OOP).

Selain berkompetisi dan menambah ilmu serta pengalaman, kiddos akan mendapat workshop gratis perkenalan PixelPad, partisipasi di acara final Game Jam, eCertificate, dan berbagai hadiah menarik. 

Tema & Platform Coding

Platform Coding: PixelPad (https://pixelpad.io/)

Tema kompetisi: Kemerdekaan Indonesia

Contoh tipe game: Platformer Game, Space Shooter, RPG

Kategori Peserta

Peserta akan dibagi menjadi 3 kategori berikut (sesuai kelas di tahun ajaran 2022/23):

  • SD Kelas 4-6 (umur 10-12 tahun)
  • SMP (umur 12-15 tahun)
  • SMA (umur 15-17 tahun)

Tanggal Penting:

  • Registrasi: sekarang – 17 Juli 2022
  • Workshop Perkenalan PixelPad: Minggu, 5 Juni 2022
  • Kelas pendampingan PixelPad Holiday Program: Juni – Juli 2022 (opsional, dengan biaya tambahan)
  • Deadline pengumpulan game: Minggu, 14 Agustus 2022
  • Final Game Jam Presentation & Showcase: 28 Agustus 2022

Biaya:

Rp 100.000/ peserta,

Peserta akan mendapatkan akses ke Materi eBooks Pixelpad tutorials sampai dengan Desember 2022

Biaya kompetisi GRATIS, jika peserta mendaftar Holiday Program – PixelPad

Informasi Holiday Program di www.kodekiddo.com/kodekiddo-hp2022

Yang Dikumpulkan

  • Link ke game PixelPad yang telah dibuat
  • Video presentasi peserta menjelaskan project dan demo hasilnya (maksimal 5 menit) – presentasi dapat dilakukan dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris

Kriteria Penilaian

  • Kreativitas & originalitas
  • Kecocokan dengan tema
  • Keterampilan Teknikal 
  • Presentasi & demo
  • Voting dari peserta lainnya

Hadiah:

Dari Tiga Kategori Peserta, akan dipilih Hadiah pemenang setiap kategori:

Kategori SD:

Juara 1 = Arduino kit + 1 juta voucher KodeKiddo

Juara 2 = 500rb voucher KodeKiddo

Juara 3 = 250rb voucher KodeKiddo

Kategori SMP:

Juara 1 = Arduino kit + 1 juta voucher KodeKiddo

Juara 2 = 500rb voucher KodeKiddo

Juara 3 = 250rb voucher KodeKiddo

Kategori SMA:

Juara 1 = Arduino kit + 1 juta voucher KodeKiddo

Juara 2 = 500rb voucher KodeKiddo

Juara 3 = 250rb voucher KodeKiddo

Kelas Pendampingan PixelPad Holiday Program

KodeKiddo mengadakan kelas Holiday Program dengan tema PixelPad. Kiddos dapat mengikuti KodeKiddo Holiday Program untuk pendampingan pengerjaan project untuk Game Jame PixelPad ini:

  • Kiddo akan mendapatkan materi lengkap & bimbingan dalam pembuatan project.
  • 5 sesi x 2 jam, Senin – Jumat
  • Pilihan sesi dari 6 Juni – 8 Juli 2022 
  • Rasio kelas 1:3
  • FREE biaya kompetisi untuk peserta Holiday Program

Informasi Holiday Program di www.kodekiddo.com/kodekiddo-hp2022

Workshop PixelPad Game Jam 5th June 2022

Engineer for The Week

Engineer FOR the week

engineer for the week

Engineer for the Week adalah kegiatan global dari Meta (previously Facebook) untuk memberi eksposure tentang bidang Engineering kepada group yang kurang terwakili dalam STEM dan menginspirasi mereka untuk menggunakan teknologi untuk dampak sosial.

Engineer for the Week memperkenalkan peserta didik pada bidang STEM dan menyediakan jalur bagi mereka untuk menciptakan dampak nyata di komunitas mereka. Melalui Engineer for the Week, peserta didik akan mendapatkan keterampilan berpikir kritis, kepercayaan diri dan teman-teman baru!

apa itu EFTW ?

Dimulai pada tahun 2018, Meta’s Engineer for the Week adalah program gratis yang memperkenalkan teknik kepada peserta didik (usia 11-18) yang secara historis kurang terwakili dalam STEM. Selama 15 – 20 jam, peserta didik bekerja bersama fasilitator dewasa untuk membangun prototipe teknologi yang membahas masalah sosial pilihan mereka.

VISI Engineer for the week?

Kami percaya pada dunia di mana semua peserta didik memiliki akses dan kesempatan yang adil untuk membangun masa depan mereka

MiSI Engineer for the week?

Meta’s Engineer for the Week mengungkap teknik bagi peserta didik yang secara historis kurang terwakili dalam STEM dan menginspirasi mereka untuk menggunakan teknologi untuk dampak sosial

Hasil BELajar

Peserta didik akan memahami cara menggunakan proses rekayasa untuk membangun produk secara kolaboratif.

Peserta didik akan memahami bahwa insinyur berasal dari berbagai latar belakang dan memiliki kemampuan dan minat yang berbeda.

Peserta didik akan memahami bahwa mereka memiliki kekuatan untuk mengembangkan solusi untuk masalah yang penting bagi mereka.

pilihan projects

CHATBOTS for change

Peserta didik akan membangun chatbot mereka sendiri menggunakan prinsip kecerdasan buatan. Pelajar memilih Chatbots for Change dengan kategori : 

  • Usia 13-18 tahun
  • Tertarik dengan bot komputer
  • Dapat mengakses Facebook & Chatfuel
  • Nyaman menavigasi beberapa platform web
  • Mampu mengakses komputer yang mampu internet

play for impact

Peserta didik akan membuat game mereka sendiri dengan tujuan menggunakan pengkodean berbasis blok. Peserta project Play for Impact dengan kategori :

  • Usia 11-18 tahun
  • Tertarik dengan desain game
  • Dapat mengakses Scratch
  • Nyaman menggunakan satu platform web tunggal
  • Mampu mengakses komputer yang mampu internet

ZIP Class and submission

IMPACT MAKE IT MATTER

Engineer for the Week menciptakan proyek dengan tujuan yang membuat dampak positif di seluruh dunia.

IMPACT AWARD - EFTW 2021

Contoh project-project pemenang dari tahun 2021

virus fighter

The Jordanian Hashemite Found for Human Development, Irbid Jordan

Game ini mendidik orang tentang bahaya virus. Tujuannya adalah untuk membersihkan setiap tingkat dengan menghancurkan virus

SAVING THE FOREST

Youth Alliance, Hollister, CA, US

Game ini memberitahu pemain tentang kebakaran hutan dan efeknya terhadap satwa liar. Tujuannya adalah untuk membersihkan setiap level dengan mengklik kebakaran.

SMOG

Valley High School, Santa Ana, CA, US

Game ini meningkatkan kesadaran tentang polusi. Tindakan yang diambil pemain dalam game ini akan mempengaruhi level lain yang akan datang berikutnya.

CLEAN THE OCEAN

Reading Senior High School, Reading, PA, US

Game ini meningkatkan kesadaran tentang pentingnya membersihkan laut. Tujuannya adalah untuk membersihkan laut dan mendapatkan 1.000 poin.

Webinar Opening & Play for Impact Section

Chatbot for Change Section

CodeRush Coding Competition

In April 2017, KodeKiddo teams joined the CodeRush coding competition.

Code Rush is a Nation-Wide Coding Competition that teaches real-world computer programming to elementary and middle schools in the United States.  Code Rush will bring added value to our students through learning to code and working together towards a shared goal.

Since the competition is done 100% on-line, our team from Indonesia location could join the competition and got an opportunity to complete against teams from various cities in the USA.

We had fun, but it was a tight race, to say the least. Fortunately, we collected bananas, crossed rivers and made it through the wilderness. Both of our SD & SMP teams were doing great, but toward the end only our SMP team stayed in the Top 10 winners.