FAQ

Program

Q: Ada berapa jenis program KodeKiddo? Berapa lama durasinya? 

Program KodeKiddo dimulai dengan kelas Intro to Coding untuk satu bulan (untuk anak SD yang belum memiliki pengalaman programming). Program dilanjutkan ke tiga kurikulum: untuk SD Beginner (kelas 2-4), SD Advanced (kelas 5-6), dan SMP.

Kurikulum SD masing-masing berkesinambungan untuk sekitar dua tahun. Kurikulum SMP untuk sekitar tiga tahun. Karena konsep belajar menggunakan ‘personalized learning’, invidual progress tiap anak bisa berbeda-beda. Informasi program & course invesment bisa dilihat di website https://kodekiddo.com/about/. Untuk detail jadwal dan biaya tiap lokasi, silakan hubungi KodeKiddo center yang bersangkutan.

 Q: Berapa lama durasi tiap pertemuan dan apa yang dilakukan di kelas?

Durasi kelas per pertemuan adalah 90 menit. Anak akan belajar secara online dan mengerjakan project sesuai kurikulum KodeKiddo. Selain pelajaran online yang dilakukan secara individual, juga ada pelajaran untuk group project, menggunakan hardware seperti Sphero robot, dan unplugged session yang berupa pelajaran konsep computer science concept tanpa menggunakan komputer.

 Q: Apa perbedaan kurikulum Coding for SD dan SMP?

Perbedaannya adalah proporsi belajar anak menggunakan Visual Programming Language/block programming dan text-based coding. Coding for SD lebih banyak menggunakan block programming (contoh: Scratch, Blockly, Tynker) sedangkan Coding for SMP lebih banyak menggunakan bahasa programming yang  text based coding (contoh: Java, JavaScript, Python, C++).

 Q: Bagaimana jika anak ingin lompat materi karena sebelumnya pernah les coding?

Penyesuaian level dapat dilakukan berdasarkan assessment yang dilakukan team teacher pada saat anak ikut trial. Jika anak memang sudah bisa dan siap untuk ke materi selanjutnya yang lebih kompleks, dia tidak perlu mengulang pelajaran yang sama.

Q: Bagaimana metode pengajaran di KodeKiddo? 

Sesuai dengan misi KodeKiddo, pembelajaran dilakukan menggunakan material dari cloud-based platforms yang didukung dengan interaksi dengan guru dan murid-murid di dalam kelas. Kualitas material pelajaran dapat terjaga dan konsisten, karena material dan lesson plan sudah tersedia secara online dan dapat diakses dari semua KodeKiddo centers. Tidak seperti tradisional kelas dimana semua anak harus mengikuti pelajaran di saat yang sama, di kelas KodeKiddo tiap murid mengikuti pelajaran berdasarkan kemampuan dan perkembangan masing-masing (‘individualize progress’).  Peran guru sebagai facilitator untuk mendampingi murid di kelas dan menciptakan suasana belajar yang kolaboratif, kreatif, dan reflektif; dan memberi pengarahan jika murid mendapat kesulitan dalam mengikuti material online tersebut.

Q: Apa ada program khusus (kelas membuat website, mobile aplication, dll) yang nantinya ingin dikomersialkan?

Untuk saat ini belum ada, karena untuk dipublikasikan secara komersial akan memerlukan kriteria yang lebih luas. Fokus kurikulum saat ini adalah untuk pembelajaran and pengertian konsep.

Pendaftaran & Pembayaran

Q: Berapa biaya program & apa jadwalnya?

 

Jadwal kelas biasanya di hari biasa (Senin – Jumat) di sore hari dan di hari Sabtu pagi – sore. Informasi program & estimasi biaya bisa dilihat di website https://kodekiddo.com/about/ . Untuk biaya & jadwal kelas yang spesifik untuk tiap center, silakan hubungi lokasi yang diminati.

Q: Sistem pembayarannya bagaimana?

Pembayaran di KodeKiddo dihitung berdasarkan jumlah kedatangan. Jadi tidak perlu mulai di awal bulan. Ada paket pembayaran tiap bulan, tiap quarter (3 bulan), dan tiap semester (6 bulan). Pembayaran tiap quarter & tiap semester ada diskon khusus.

Q: Ada apa lagi diskon apa saja yang ditawarkan?

Dari waktu ke waktu, kami mengadakan promo untuk murid baru. Ada referral discount jika murid membawa teman lain yang mendaftar ke KodeKiddo. Jika ada lebih dari satu anak dalam satu keluarga yang mendaftar, kami juga memberi sibling diskon.

Q: Bisakah mulai kelas di tengah bulan?

Bisa. Karena proses pembelajaran di KodeKiddo adalah individual progress dan pembayaran berdasarkan kedatangan. Jadi murid tidak harus mulai dari awal bulan.

Q: Bagaimana jika anak berhalangan hadir?

Jika anak berhalangan hadir dimohon untuk menginformasikannya kepada admin setempat (bisa melalui WhatsApp) sebelum kelas mulai. Penggantian kelas harap dilakukan pada minggu yang sama. Jika tidak ada pemberitahuan, kelas dianggap hangus.

Q: Apakah ada hari libur untuk kelas KodeKiddo?

KodeKiddo mengikuti hari libur nasional (tidak ada kelas). KodeKiddo juga tidak mengadakan kelas di masa libur di bulan Desember. Saat liburan kenaikan kelas, kelas KodeKiddo tetap berjalan dan ada program khusus melalui Holiday Program. Permohonan cuti untuk murid KodeKiddo dapat diakomodasikan asalkan tidak melebihi dari satu bulan. Silakan menghubungi manager di tiap lokasi untuk detailnya.

Kurikulum

Q: Apakah project yang anak kerjakan di kelas dapat dilanjutkan di rumah? Atau orangtua ingin meminta anak mempraktekkan di rumah?Apakah ada PR (homework)?

Lesson/projects yang dilakukan di kelas tidak bisa dilanjutkan di rumah karena team teachers harus memantau perkembangan anak di kelas. Juga karena ada beberapa pelajaran yang harus dilakukan dengan account login KodeKiddo.

Ada beberapa platform programming & lessons yang bisa diakses dari rumah jika orang tua hendak membuat account sendiri untuk anak. Jika anak ingin mengerjakan project tambahan di rumah, ada optional homework yang bisa diakses dan dikerjakan di rumah. Silakan meminta informasi ke center setempat untuk daftar & link untuk homework & cara mengakses platforms ini.

Q: Apakah ada detail kurikulum untuk memahami apa yang dipelajari di tiap level?

Ada kurikulum overview yang menjelaskan konsep computer science dan matematika yang dicover dalam level/quarter; dan juga contoh projects/lessons yang dipelajari dalam periode tersebut. Silakan hubungi KodeKiddo center untuk mendapatkan informasi ini.

Q: Darimana kurikulum KodeKiddo? 

Kurikulum yang diterapkan adalah dikembangkan khusus untuk kelas KodeKiddo yang mengacu kepada coding school di USA dan mendukung konsep  computer science dan matematika untuk level yang bersangkutan.

Q: Apakah ada kompetisi yang dapat diikuti anak?

Kompetisi coding dilakukan secara berkala, terutama jika ada global coding competition yang bisa dilakukan secara online. Karena online, murid KodeKiddo bisa berpartisipasi dengan lebih flexible dari lokasi manapun & dapat bertanding dengan anak-anak dari berbagai negara. Contoh kompetisi yang sudah diikuti: Code Rush from CodeMonkey, Grok NCSS Competition, Tickle holiday program, Tynker Summer Challenge.

KodeKiddo juga mengadakan KiddoHack yang berupa kompetisi di lokasi tertentu yang menggunakan model hackaton, dimana para peserta berinteraksi langsung dalam acara tersebut dan membuat project dan presentasi hasilnya.

Tracking Progress

Q: Bagaimana orang tua bisa tracking progress anak?

Orangtua dapat mengetahui progress anak melalui mobile application atau website yang disediakan oleh KodeKiddo. Saat anak mulai di Kodekiddo, orang tua akan mendapat instruksi untuk mendapat akses ke applikasi/website ini. Setiap pertemuan, teacher akan mengupload Class Summary dan photo/video yang dikerjakan oleh anak pada pertemuan tersebut.

Q: Apakah ada test?

Tidak ada test seperti di sekolah, tetapi secara periodic (sekitar tiap 3 bulan), ada Milestone Check dimana murid akan mengerjakan beberapa project dan pertanyaan yang mencakup lessons yang sudah dipelajari. Setelah Milestone Check, murid akan mendapat KodeKiddo Milestone Certificate dengan individualized assessment & notes dari team teacher.