Coolest Project 2023 – Coding Competition

Apa itu Coolest Projects?

Coolest Projects merupakan ajang teknologi terkemuka di dunia yang diselenggarakan oleh organisasi UK Raspberrypi.org. Kegiatan ini  terbuka untuk anak anak pembuat teknologi digital muda hingga usia 18 tahun dari seluruh dunia secara online.

Daftar via KodeKiddo vs via Raspberrypi.org?

KodeKiddo Logo

KodeKiddo siap membantu para peserta dari seluruh daerah Tanah Air yang ingin bergabung dan mendaftar pada kompetisi ini hingga pada saat proses submit ke Raspberrypi.org.

Setiap peserta yang telah mendaftar dan membayar registrasi sebesar IDR 150.000 (atau bebas biaya registrasi jika mengikuti Program ZIP Class 2023) maka setiap peserta berkesempatan mengikuti National Round (Indonesia Level Competition) yang diselenggarakan KodeKiddo dengan Total Hadiah jutaan rupiah.

Jika mendaftar melalui langsung website Raspberrypi.org, silahkan untuk mendaftar dan mengikuti petunjuk dari website Coolest Project global secara mandiri (https://coolestprojects.org/). Untuk jalur ini, peserta tidak mengikuti kompetisi National Round. Pemenang tidak akan mendapatkan hadiah tunai namun hanya  mendapatkan Sertifikat + project terpublish di situs resmi Coolest Project.

Siapa saja yang bisa ikut?

Terbuka untuk umum bagi non Murid Aktif KodeKiddo maupun Murid Aktif KodeKiddo yang memenuhi kategori umur sebagai berikut:

kategori usia :

Kategori A

(8-12 tahun)

Kategori B

(13-18 tahun)

daftar sebagai :

Tim

INDIVIDUAL
( 1 peserta)

Tim

GROUP
(max 2 peserta)

Kategori dan Tema Project

Kiddos bisa memilih satu dari 6 Kategori dan tema dari project yang kiddos mau buat.

Kategori Project

Scratch

Mobile Apps

Games

Website

Advanced Programming

Hardware

Tema Project

Komunitas

Lingkungan

Kesehatan

Hiburan

(seperti membuat permainan)

Seni

(Musik, Visual, Animasi, Gambar, Film, atau objek digital lainnya)

Pendidikan

Identitas / Budaya

Jika kiddos sudah pernah mengirimkan project yang sama sebelumnya, Kiddos wajib untuk membuat perubahan yang signifikat dari project tersebut. (tidak boleh sama dengan yang sebelumnya)

Apa yang didapat oleh Peserta & Pemenang?

Tingkat Nasional

Penilaian dari KodeKiddo, dibagi dalam 2 Kategori Usia (A dan B)

Tingkat Global (Internasional)

Penilaian dari Raspberry.Pi.

Sertifikat dan Project peserta akan terpublish di situs resmi Coolest Project.

Tanggal Penting kegiatan ini

19 Feb 2023

Webinar Opening Coolest Project

31 Mar 2023

Pendaftaran terakhir peserta

24 Apr 2023

Pengumpulan terakhir Project dan Video Presentasi

14 Mei 2023

Pengumuman Pemenang Nasional

06 Jun 2023

Pengumuman Pemenang Global
(Livestream dari RaspberryPi org)

Detail Topik yang bisa diambil

  • Project saya terkait dengan masalah di komunitas saya

Pilih topik Komunitas jika project Anda dirancang untuk meningkatkan kesadaran akan (atau memecahkan) masalah yang Anda perhatikan di masyarakat kita dan merasa penting. Ini bisa berhubungan dengan penyakit mental, tunawisma, diskriminasi, atau keadilan sosial, atau bisa juga mengatasi kondisi atau kurangnya perilaku apa pun yang memiliki konsekuensi negatif bagi kelompok di komunitas Anda.

  • Project saya berkaitan dengan lingkungan

Pilih topik Lingkungan jika project Anda dirancang untuk meningkatkan kesadaran akan masalah lingkungan atau memecahkan masalah yang penting untuk memelihara atau memperbaiki lingkungan alami kita. Ini bisa terkait dengan ilmu bumi, perubahan iklim, alam, keanekaragaman hayati, atau topik lingkungan lainnya.

  • Project saya tentang kesehatan, kesejahteraan, atau obat-obatan

Pilih topik Kesehatan jika project Anda dirancang untuk meningkatkan kesadaran atau memecahkan masalah yang penting bagi kesehatan dan kesejahteraan orang-orang di masyarakat kita. Ini bisa terkait dengan COVID-19, gaya hidup sehat, diet, olahraga, penyakit, pengobatan, pencegahan, atau topik kesehatan dan kesejahteraan lainnya.

  • Project saya adalah tentang FUN

Pilih topik FUN jika project Anda dirancang untuk menghibur orang yang terlibat dengannya. Itu bisa membantu orang rileks, bersenang-senang, atau memikirkan sesuatu yang mereka sukai. Ini bisa berupa game, film, cerita, mainan, atau objek digital lain yang menghibur dan menarik.

  • Project saya artistik atau kreatif

Pilih topik Seni jika project Anda adalah karya kreatif yang dirancang untuk diapresiasi keindahan atau kekuatan emosional dari suara dan visualnya, dengan atau tanpa interaksi dari penonton. Ini bisa berupa karya musik, seni visual, animasi, gambar, kolase, film, atau objek digital lain yang menarik secara estetika.

  • Project saya mengajari orang tentang sesuatu

Pilih topik Pendidikan jika project Anda dirancang untuk membantu orang mempelajari sesuatu, melatih keterampilan, atau memberikan pengetahuan kepada pengguna. Ini bisa berupa game, film, cerita, kuis, animasi, atau objek digital pendidikan lainnya.

  • Project saya tentang saya, keluarga saya, atau budaya saya

Pilih topik Identitas jika project Anda dirancang untuk berbagai aspek kehidupan, budaya, atau kepribadian Anda dengan pengguna yang penting bagi Anda. Ini bisa terkait dengan keyakinan Anda, norma budaya atau sosial tempat Anda tinggal, identitas pribadi atau gender Anda, atau hal lain tentang kehidupan Anda yang bersifat pribadi bagi Anda atau seseorang yang dekat dengan Anda.

Detail Kategori Project

Peserta hanya dapat memilih satu kategori saat pendaftaran. Kategorinya adalah 

Scratch, Mobile Apps, Web, Hardware, Advanced Programming dan Games. 

Lihat selengkapnya pada : https://online.coolestprojects.org/categories

  • SCRATCH

Scratch merupakan alat pemrograman visual berbasis block yang dapat digunakan peserta untuk membuat berbagai project dengan mudah, sementara mereka juga belajar tentang dunia pemrograman komputer yang lebih maju. Scratch dapat digunakan online dan gratis di browser web atau dapat mengunduhnya di PC/Laptop. Bagi peserta yang memilih kategori Scratch, peserta wajib mengumpulkan project dengan kategori Scratch meskipun project adalah game. 

Bagi peserta yang memilih Scratch, peserta wajib mengumpulkan link URL project Scratch Scratch yang bisa diakses public. Untuk kategori project lain , tidak perlu mengumpulkan link ke project.

  • MOBILE APPS

Kategori ini mencakup project yang melibatkan aplikasi interaktif untuk ponsel atau tablet yang membantu, menginformasikan, atau menghibur orang. Peserta dapat mendemonstrasikan aplikasi di perangkat seluler, seperti ponsel atau tablet, atau dapat menggunakan emulator berbasis desktop. kategori ini akan menggunakan bahasa pemrograman seperti MIT App Inventor. Bagi peserta yang memilih kategori Mobile Apps, peserta wajib menggunakan aplikasi emulator dalam video presentasinya.

  • WEBSITE

Project dalam kategori ini adalah aplikasi berbasis web pada topik apa pun yang Anda suka, dari halaman informatif hingga aplikasi interaktif. Situs dapat dibuat menggunakan HTML dan CSS, tetapi mungkin juga menyertakan bahasa pemrograman web seperti JavaScript.

  • GAMES (NON-SCRATCH)

Kategori ini mencakup segala jenis game yang dibuat dalam bahasa pemrograman selain Scratch. Peserta dalam kategori ini akan menggunakan bahasa pemrograman berbasis teks seperti Python , atau Game Engine (misalnya, Unity , Unreal Engine , atau Blender).

  • ADVANCED PROGRAMMING 

Kategori ini membawa ke tingkat teknis lebih lanjut. Maksudnya Ini mencakup proyek yang ditulis dalam bahasa tingkat lanjut, seperti C++ dan Python tingkat lanjut, atau proyek yang menggabungkan beberapa teknologi APIs, atau beberapa jenis hardware.

  • HARDWARE

Kategori ini menggunakan robot, menjalankan suatu mesin ataupun peretasan hardware, dimana peserta dapat membuat projek menggunakan platform hardware seperti: Raspberry Pi, Arduino, micro:bit, atau Adafruit untuk mempengaruhi dunia fisik.

Detail Video Presentasi

Peserta wajib membuat video pendek (maksimum 2 menit) untuk menjelaskan project, demo & menunjukan coding untuk project tersebut.

Dalam video, peserta wajib menjawab ketiga pertanyaan berikut. Presentasi dan deskripsi project harus dalam bahasa Inggris

  • Why did you choose to make this project?

Menjelaskan tentang project yang dibuat, alasan mengapa peserta membuat project ini, dan dijelaskan kegunaan/manfaatnya

  • What did you find difficult while making this project & how did you work it out?

Menjelaskan kesulitan dan tantangan pada saat membuat project dan bagaimana solusi untuk menyelesaikannya.

  • Is there anything you would do differently or you would add if you have more time?

Apa yang ingin diubah atau dikembangkan lebih lanjut jika peserta memiliki waktu lebih dalam pengerjaan project

Rekaman video dapat menggunakan recording zoom dengan menampilkan tampilan wajah (on cam) dan share screen project, atau record biasa (menggunakan HP/Camera/Recorder) dengan menampilkan hasil project pada pc/laptop peserta. Bagi yang memilih kategori hardware, video harap juga menampilkan hasil coding pada mesin/robot/hardware yang dipilih

Bagaimana Proses Penilaian

COOLNESS

  1. Apakah project itu membuat Anda ‘wow’?
  2. Apakah Anda terkejut atau senang dengan ide project tersebut?
  3. Apakah itu sesuatu yang akan Anda banggakan untuk ditunjukkan kepada orang lain?
  4. Apakah itu asli atau unik dalam beberapa hal?
  5. Apakah itu mengkomunikasikan kepribadian penciptanya?

COMPLEXITY

  1. Seberapa ambisius project tersebut (baik dari segi ide di baliknya maupun pelaksanaannya)?
  2. Berapa banyak proses yang telah diikuti pencipta untuk membuat project?
  3. Tingkat pengetahuan teknis apa yang telah mereka tunjukkan?
  4. Menurut Anda, seberapa sulit bagi pencipta untuk membuat project ini?

PRESENTATION AND COMMUNICATION

  1. Seberapa efektif pencipta mengomunikasikan ide di balik project mereka dan fungsi yang ingin dilayaninya?
  2. Seberapa besar perhatian dan perhatian yang diberikan pada desain visual project? Apakah itu terlihat keren?
  3. Seberapa baik pencipta menjawab tiga pertanyaan yang diajukan dalam formulir pendaftaran?

PRESENTATION AND COMMUNICATION

  1. Apakah project berjalan sesuai dengan yang dimaksudkan?
  2. Apakah project ramah pengguna?
  3. Apakah orang akan senang berinteraksi dengannya?
  4. Seberapa mudah menggunakan project untuk tujuan yang dimaksudkan?

Referensi dari Coolest Project Tahun Lalu

YouTube Playlist Coolest Project Indonesia 2021, klik disini.