Collaboration of KodeKiddo & UNIKA Soegijapranata

Apakah Acara GecoFest Coding Competition Ini?

GecoFest Coding Competition adalah sebuah kompetisi coding berskala nasional yang diadakan oleh Fakultas Sistem Informasi UNIKA Soegijapranata secara online pada tahun ini. Ini adalah tahun ke 3 GECOFEST diadakan dengan melibatkan KODEKIDDO (Coding Course for Kids). Event ini dapat diikuti oleh seluruh siswa-siswi SD sampai SMA di seluruh Indonesia. Platform yang akan digunakan diantaranya yaitu MIT App Inventor, Scratch dan Pictoblox.

Untuk Kategori SD dan SMP kalian dapat memilih Scratch atau Pictoblox. Untuk kategori SMA dapat menggunakan MIT App Inventor.

TEMA LOMBA

Berikut ini merupakan beberapa tema yang dikelompokkan berdasarkan jenjang, yaitu: 

  1. Elementary/Primary (SD) and Junior/Secondary High (SMP) 
    1. Humanity
      • Know Yourself by Your Personality
    2. Nature
      • Environmental Conservation
    3. Healthy
      • Identify the Dangers of Covid-19 Simply
      • How to Take Precautions in the New Normal 
  2. Senior High (SMA) 
    1. Humanity
      • Maintaining unity amid issues that trigger division
    2. Nature
      • The high risk of natural disasters
    3. Healthy
      • Introduction and Prevention of Covid-19
      • How to Do Activities in the New Normal


DEVELOPMENT TOOLS

Beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan terkait development tools yang akan digunakan oleh peserta, antara lain

  1. Android Mobile App : MIT App Inventor
  2. Scratch projects : Scratch Visual Code
  3. Artificial Intelligence   : PictoBlox

TIMELINE

15 Maret – 2 April 2021         : Registrasi

3 April 2021                            : Technical Meeting

4 – 10 April 2021                    : Pengumpulan Project

14 April 2021                          : Pengumuman Finalis

17 April 2021                          : Presentasi Program

18 April 2021                          : Pengumuman Pemenang

RULES

  1. Menggunakan platform MIT App Inventor, Scratch dan Pictoblox
  2. Peserta diharuskan membuat proyek berbasis 2D Game sesuai dengan tema.
  3. Peserta diharuskan memberikan penanda komentar dalam setiap bagian koding yang mereka buat. Semakin mudah dipahami semakin mempertinggi penilaian. 
  4. Peserta wajib menggunakan variabel serta fungsi dengan kata-kata dari bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan jelas untuk mempermudah juri memahami alur codingnya. 

Pendamping diharuskan mendokumentasikan proses pembuatan project tersebut selama sebulan dalam bentuk foto dan video berdurasi sekitar 2 menit yang mencakup liputan proses pembuatan project.   

REGISTRASI

Biaya registrasi Rp 50ribu

Rekening BCA 3530572900
a.n. Levina Cahyono

Link registrasi: bit.ly/RegisLombaGeco

Contact Person:

+62 812-2890-0031 (Victor)

+62 895-4154-51428 (Mala)