FAQ for Schools

Q: Program apa yang tersedia untuk kerja sama dengan sekolah?

Intrakurikuler

Coding bisa menjadi bagian pelajaran TIK / ICT yang sudah ada atau berjalan berdampingan, sesuai dengan kebutuhan sekolah. Intrakurikuler program diberikan ke seluruh murid dalam waktu pelajaran sekolah. Materi, kurikulum, dan guru disediakan oleh KodeKiddo.

Ekstrakurikuler 

After school program (CCA/ECA) yang dilaksanakan setelah pelajaran sekolah selesai. Waktunya bervariasi sesuai dengan kebutuhan, alokasi dari Kodekiddo berkisar 45 – 75 menit bergantung jenjang (TK,SD,SMP atau SMA). Hal ini dibicarakan dan diputuskan di awal oleh pihak sekolah untuk kemudian dituangkan ke dalam MOU. Materi, kurikulum, dan guru disediakan oleh KodeKiddo.

Coding Event

KodeKiddo menawarkan coding workshop gratis untuk komunitas sekolah, seperti Family Scratch Day (untuk murid dan orang tua), Math/Science Day, Hour of Code dan Trial Coding (untuk murid dan guru).

Q: Berapa lama durasi program dan durasi kelas?

Durasi kelas 40 – 90 menit tergantung tingkat kelas (TK – SMA) dan bisa menyesuaikan dengan jadwal di sekolah. 

Kurikulum KodeKiddo tersedia untuk program per quarter atau per tahun dengan pertemuan seminggu sekali (1 quarter: 10 sesi atau 1 tahun : 40 sesi).

Q: Apa beda metode pembelajaran di kelas di sekolah versus kelas di center KodeKiddo?

  • Kelas di sekolah dilakukan secara seragam untuk semua murid di kelas yg sama. Progress bersamaan, tidak ada yang saling mendahului. Biasanya jumlah murid lebih banyak & waktu lebih singkat. Fasilitas menggunakan yg tersedia di sekolah.
  • Kelas di KodeKiddo center center: individualized progress, waktu lebih lama, jumlah murid lebih sedikit, max 8 murid dalam satu kelas. Karena menggunakan personalized learning, jadi bisa lebih mendalam juga materinya. Fasilitas lebih lengkap karena kelas dilakukan di center KK yang khusus didesain untuk belajar coding. Contoh; ada robot dan hardware tambahan yg bisa dipakai oleh murid, tanpa biaya tambahan. Kelas di center juga ada laporan individual ke orang tua setiap kelas selesai melalui KodeKiddo apps.

Q: Apa beda program Intrakurikuler versus Extrakurikuler?

AreaIntrakurikulerExtrakurikuler
MuridSemua murid mendapatkan program ini.Hanya murid yang bersedia membayar tambahan dan punya waktu  untuk ikut program ekstrakurikuler.
PembayaranBiasanya sekolah yang membayar, tidak ada biaya tambahan untuk orang tua.Biasanya orang tua membayar tambahan sebagai biaya ekstrakurikuler.
Pendapatan untuk sekolahTidak ada pendapatan untuk sekolahSekolah bisa mendapat pembagian pendapatan dari pembayaran orang tua melalui revenue sharing atau mark-up harga.
JadwalDilakukan selama jam sekolahDilakukan setelah jam sekolah
KurikulumBisa ditawarkan sebagai bagian dari pelajaran TIK/ICT. 
Kurikulum tersedia untuk tiap level kelas. Opsional workbook juga tersedia.
Kurikulum tersedia untuk grup dengan level kelas yang digabung, contoh: TK,  kelas 1-2, kelas 3-4, kelas 5-6, SMP, SMA
PenilaianTesting dan mekanisme penilaian menyesuaikan dengan jadwal dan standard sekolah; Nilai masuk ke raport sekolah.Menggunakan KodeKiddo milestone project dan assessment. Murid mendapat sertifikat KodeKiddo.
Perkembambangan tiap tahunKurikulum tahun pertama mencakup perkenalan coding untuk semua level. Kurikulum tahun berikutnya dikembangkan berdasarkan tahun sebelumnya. Murid mengikuti program dari tahun pertama dan lanjut ke tahun-tahun berikutnya.Tema berbeda dengan level yang mirip untuk setiap term, sehingga murid bisa bergabung dengan program di setiap ter (tidak harus di awal tahun).

Q: Apakah ada kompetisi yang dapat diikuti anak?

Kompetisi coding dilakukan secara berkala, terutama jika ada global coding competition yang bisa dilakukan secara online. Karena online, murid KodeKiddo bisa berpartisipasi dengan lebih flexible dari lokasi manapun & dapat bertanding dengan anak-anak dari berbagai negara. Contoh kompetisi yang sudah diikuti: Code Rush from CodeMonkey, Grok NCSS Competition, Bebras Computational Thinking Challenge, Wonder League Coding Robotic Competition, Tynker Summer Challenge.

KodeKiddo juga mengadakan KiddoHack yang berupa kompetisi di lokasi tertentu yang menggunakan model hackathon, dimana para peserta berinteraksi langsung dalam acara tersebut dan membuat project dan presentasi hasilnya. Dan KodeFiesta yang berupa kompetisi nasional Indonesia yang bisa dilakukan secara online sehingga bisa diikuti oleh anak Indonesia dari lokasi manapun juga. 

Informasi lebih lanjut silakan dibaca di https://kodekiddo.com/category/competition/

Q: Apa keuntungan bekerja sama dengan KodeKiddo dibandingkan dengan pelajaran coding disampaikan oleh guru sekolah?

  • KodeKiddo menyediakan semua materi yang diperlukan untuk pelajaran, seperti misalnya: kurikulum, software dan akun yang dibutuhkan, projects, soal, dan penilaian. Dari sekolah tidak perlu melakukan investasi tambahan karena menggunakan fasilitas (lab komputer) yang sudah ada. 
  • Team guru yang berkualitas dan sudah ditraining khusus untuk materi dan kurikulum dari KodeKiddo. Team dari KodeKiddo setiap hari berkecimpung di bidang ini, termasuk juga melakukan kelas di center KodeKiddo, jadi sudah berpengalaman untuk mengajar materi tersebut.
  • Kurikulum yang selalu berkembang dan mengikuti jaman. Di bidang IT dan pemrograman, perubahan terjadi cukup cepat. KodeKiddo mengikuti perkembangan topik pendidikan dan menerapkan ke kurikulumnya secara berkala.
  • Kesempatan untuk berpartisipasi di kegiatan global seperti kompetisi coding internasional Dengan kantor pusat di Silicon valley, murid KK mendapat kesempatan lebih banyak untuk mengikuti kegiatan-kegiatan global.

Q: Apakah ada detail kurikulum untuk memahami apa yang dipelajari di tiap level?

Kodekiddo memberikan gambaran mengenai contoh pembelajaran di tiap jenjang pada proposal yang diberikan ke sekolah. Penjelasan kurikulum yang lebih detail dapat menghubungi center terdekat di kota Anda atau menghubungi marketing@kodekiddo.com  untuk informasi lebih lanjut.

Q: Berapa biaya dan bagaimana proses pembayarannya?

Banyak faktor yang menentukan ini, seperti jumlah murid, jumlah sesi, kisaran harga yang sesuai dengan komunitas sekolah. Kami bisa menyesuaikan program sesuai dengan permintaan sekolah dan anggaran yang tersedia. Proses pembayaran juga dapat dilakukan sesuai surat perjanjian yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Q: Bagaimana proses pendaftaran ?

Pendaftaran sekolah yang ingin bekerjasama dengan kodekiddo dapat langsung menghubungi center terdekat di kota Anda atau melalui surel ke marketing@kodekiddo.com. Tim kami akan dengan senang hati berkunjung ke Sekolah untuk diskusi lebih lanjut.

Pendaftaran dan pembayaran dari murid dilakukan oleh pihak sekolah dan informasi diberikan ke pihak KodeKiddo.

Alur pendaftaran yang umum digunakan adalah :

  1. Sekolah mendapatkan proposal dari Kodekiddo untuk overview dan dipelajari.
  2. Sekolah menghubungi Kodekiddo untuk diskusi lebih lanjut.
  3. Pihak Kodekiddo datang ke Sekolah untuk menanyakan perihal  jumlah murid, kelengkapan prasarana sekolah, koneksi internet, jenis pembelajaran yang akan diterapkan (intra atau ekstra), durasi program dan durasi kelas, dsb.
  4. Tim Kodekiddo dapat mempresentasikan program kepada warga sekolah dan orang tua agar mereka dapat lebih memahami apa yang akan didapatkan murid melalui pembelajaran coding dengan Kodekiddo. 
  5. Jika pihak sekolah sudah setuju untuk bekerjasama , langkah selanjutnya adalah merumuskan MOU (perjanjian kerjasama) dalam sebuah draft awal.
  6. Setelah terjadi kesepahaman antara pihak Sekolah dan Kodekiddo, maka MOU final ditandatangani diatas materai oleh kedua belah pihak. Setelah ini selesai, maka pihak Sekolah telah terdaftar menjadi partner dengan Kodekiddo.

Q: Bagaimana pembayaran jika anak tidak bisa hadir?

Baik program Intrakurikuler maupun Ekstrakurikuler, kelas berlangsung bersama-sama dengan anak lain dan jadwal spesifik, tidak ada sistem penggantian kelas atau pemotongan pembayaran jika anak tidak hadir.

Q: Bagaimana orang tua bisa tracking perkembangan anak?

Untuk ekstrakurikuler bisa melalui  milestone assessment tiap akhir term. Murid mendapat dapat sertifikat dengan penilaian dari team KodeKiddo. Untuk Intrakurikuler mengikuti penilaian dan report dari sekolah (intrakurikuler dalam 1 semester bisa terdapat 4 atau lebih pengambilan nilai dengan berbagai metode, bisa berupa ulangan, quiz, tugas atau project sesuai kebutuhan).

Tenggang waktu dan kriteria penilaian bisa menyesuaikan dengan sistem di sekolah. 

Q: Apakah ada student presentation / show day?

Acara biasanya dilakukan supaya orang tua juga bisa melihat langsung hasil pembelajaran anak. Dalam kesempatan ini, anak melakukan presentasi project yang telah dibuat di program coding. Jadwal bisa diatur dan disesuaikan dengan agenda sekolah.