Coolest Project 2024
Apa itu Coolest Project?
Coolest Project 2024 adalah showcase inovasi teknologi terkemuka di dunia yang diselenggarakan oleh organisasi UK Raspberrypi.org, untuk kiddos SD – SMA. Pada tahun 2024, KodeKiddo kembali mewadahi kegiatan ini. Melalui online showcase, peserta memiliki kesempatan untuk memamerkan keterampilan teknis mereka sambil mengembangkan kepercayaan diri, koneksi komunitas, dan pengetahuan dalam lingkungan yang mendukung pertumbuhan di seluruh dunia.
More Information : http://bit.ly/PPT-KKCool24
KodeKiddo siap membantu para peserta dari seluruh daerah Tanah Air yang ingin bergabung dan mendaftar pada kompetisi ini hingga pada saat proses submit ke Raspberrypi.org.
Jika mendaftar langsung melalui website Raspberrypi.org, silahkan untuk mendaftar dan mengikuti dari website Coolest Projects global secara mandiri (https://coolestprojects.org/). Untuk jalur ini, peserta tidak mengikuti kompetisi National Round KodeKiddo. Pemenang tidak akan mendapatkan hadiah voucher KodeKiddo namun hanya mendapatkan Sertifikat + Projects terpublish di situs resmi Coolest Projects.
Peserta Umum dan Murid aktif seluruh cabang KodeKiddo dan ECA KodeKiddo berusia 7 – 18 tahun. Peserta dapat sebagai Individu atau Grup (maks. 2 kiddos) dengan kategori umur:
-SD / Elementary
-SMP / Junior
-SMA / Senior
– Mengisi Registrasi Form
– Menentukan salah satu dari kategori Projects berikut:
– Scratch
– Games (Non-Scratch Based)
– Unity
– Python
– Web
– HTML
– CSS
– JavaScript
– Mobile Apps
– MIT Inventor
– Hardware
– Arduino
– Microbit
– Advanced Programming
– Python
– C++
– Jika peserta pernah mengirimkan Projects ini ke Coolest Projects tahun-tahun sebelumnya, peserta diwajibkan untuk membuat perubahan yang signifikan dari Projects tersebut
– Registration and submission: 25 Maret – 5 April 2024
– Submission deadline: 15 Mei 2024
– Global Celebration Live Stream: 26 Juni 2024
Setiap kategori umur akan mendapatkan
– Top Projects Nasional: Voucher KodeKiddo 750rb + sertifikat
– Runner Up Nasional: Voucher KodeKiddo 500rb + sertifikat
– Second Runner Up Nasional: Voucher KodeKiddo 250rb + sertifikat
– Seluruh peserta mendapat sertifikat + Projects terpublish di situs resmi raspberrypi.org
– Projects saya terkait dengan masalah di komunitas saya
Pilih topik Komunitas jika Projects Anda dirancang untuk meningkatkan kesadaran akan (atau memecahkan) masalah yang Anda perhatikan di masyarakat kita dan merasa penting. Ini bisa berhubungan dengan penyakit mental, tunawisma, diskriminasi, atau keadilan sosial, atau bisa juga mengatasi kondisi atau kurangnya perilaku apa pun yang memiliki konsekuensi negatif bagi kelompok di komunitas Anda.
– Projects saya berkaitan dengan lingkungan
Pilih topik Lingkungan jika Projects Anda dirancang untuk meningkatkan kesadaran akan masalah lingkungan atau memecahkan masalah yang penting untuk memelihara atau memperbaiki lingkungan alami kita. Ini bisa terkait dengan ilmu bumi, perubahan iklim, alam, keanekaragaman hayati, atau topik lingkungan lainnya.
– Projects saya tentang kesehatan, kesejahteraan, atau obat-obatan
Pilih topik Kesehatan jika Projects Anda dirancang untuk meningkatkan kesadaran atau memecahkan masalah yang penting bagi kesehatan dan kesejahteraan orang-orang di masyarakat kita. Ini bisa terkait dengan COVID-19, gaya hidup sehat, diet, olahraga, penyakit, pengobatan, pencegahan, atau topik kesehatan dan kesejahteraan lainnya.
– Projects saya adalah tentang FUN
Pilih topik FUN jika Projects Anda dirancang untuk menghibur orang yang terlibat dengannya. Itu bisa membantu orang rileks, bersenang-senang, atau memikirkan sesuatu yang mereka sukai. Ini bisa berupa game, film, cerita, mainan, atau objek digital lain yang menghibur dan menarik.
– Projects saya artistik atau kreatif
Pilih topik Seni jika Projects Anda adalah karya kreatif yang dirancang untuk diapresiasi keindahan atau kekuatan emosional dari suara dan visualnya, dengan atau tanpa interaksi dari penonton. Ini bisa berupa karya musik, seni visual, animasi, gambar, kolase, f ilm, atau objek digital lain yang menarik secara estetika.
– Projects saya mengajari orang tentang sesuatu
Pilih topik Pendidikan jika Projects Anda dirancang untuk membantu orang mempelajari sesuatu, melatih keterampilan, atau memberikan pengetahuan kepada pengguna. Ini bisa berupa game, film, cerita, kuis, animasi, atau objek digital pendidikan lainnya.
– Projects saya tentang saya, keluarga saya, atau budaya saya
Pilih topik Identitas jika Projects Anda dirancang untuk berbagai aspek kehidupan, budaya, atau kepribadian Anda dengan pengguna yang penting bagi Anda. Ini bisa terkait dengan keyakinan Anda, norma budaya atau sosial tempat Anda tinggal, identitas pribadi atau gender Anda, atau hal lain tentang kehidupan Anda yang bersifat pribadi bagi Anda atau seseorang yang dekat dengan Anda
1) Scratch
Scratch merupakan alat pemrograman visual berbasis block yang dapat digunakan peserta untuk membuat berbagai Projects dengan mudah, sementara mereka juga belajar tentang dunia pemrograman komputer yang lebih maju. Scratch dapat digunakan online dan gratis di browser web atau dapat mengunduhnya di PC/Laptop. Bagi peserta yang memilih kategori Scratch, peserta wajib mengumpulkan Projects dengan kategori Scratch meskipun Projects adalah game. Bagi peserta yang memilih Scratch, peserta wajib mengumpulkan link URL Projects Scratch Scratch yang bisa diakses public. Untuk kategori Projects lain , tidak perlu mengumpulkan link ke project
2) Games (Non-Scratch Based)
Kategori ini mencakup segala jenis game yang dibuat dalam bahasa pemrograman selain Scratch. Peserta dalam kategori ini akan menggunakan bahasa pemrograman berbasis teks seperti:
– Unity
– Python
3) Web
Projects dalam kategori ini adalah aplikasi berbasis web pada topik apa pun yang Anda suka, dari halaman informatif hingga aplikasi interaktif. Situs dapat dibuat menggunakan:
– HTML
– CSS
– JavaScript
4) Mobile Apps
Kategori ini mencakup Projects yang melibatkan aplikasi interaktif untuk ponsel atau tablet yang membantu, menginformasikan, atau menghibur orang. Peserta dapat mendemonstrasikan aplikasi di perangkat seluler, seperti ponsel atau tablet, atau dapat menggunakan emulator berbasis desktop. kategori ini akan menggunakan bahasa pemrograman seperti:
– MIT Inventor (Bagi peserta yang memilih kategori Mobile Apps, peserta wajib menggunakan aplikasi emulator dalam video presentasinya)
5) Hardware
Kategori ini menggunakan robot, menjalankan suatu mesin ataupun peretasan hardware, dimana peserta dapat membuat projek menggunakan platform hardware seperti:
– Arduino
– Microbit
6)Advanced Programming
Kategori ini membawa ke tingkat teknis lebih lanjut. Maksudnya Ini mencakup proyek yang ditulis dalam bahasa tingkat lanjut, seperti:
– Python
– C++
Peserta wajib membuat video (dalam bahasa Inggris) untuk menjelaskan project, demo & menunjukan coding untuk Projects tersebut. Dalam video, peserta wajib menjawab ketiga pertanyaan berikut. Presentasi dan deskripsi Projects harus dalam bahasa Inggris.
1. Menjelaskan tentang Projects yang dibuat, alasan mengapa peserta membuat Projects ini, dan dijelaskan kegunaan/manfaatnya. (Why did you choose to make this project?)
2. Menjelaskan kesulitan dan tantangan pada saat membuat Projects dan bagaimana solusi untuk menyelesaikannya. (What did you find difficult while making this Projects & how did you work it out?)
3. Apa yang ingin diubah atau dikembangkan lebih lanjut jika peserta memiliki waktu lebih dalam pengerjaan project. (Is there anything you would do differently or you would add if you have more time?)
Rekaman video dapat menggunakan recording zoom dengan menampilkan tampilan wajah (on cam) dan share screen project, atau record biasa (menggunakan HP/Camera/Recorder) dengan menampilkan hasil Projects pada pc/laptop peserta. Bagi yang memilih kategori hardware, video harap juga menampilkan hasil coding pada mesin/robot/hardware yang dipilih.
– COOLNESS
1. Apakah Projects itu membuat Anda ‘wow’?
2. Apakah Anda terkejut atau senang dengan ide Projects tersebut?
3. Apakah itu sesuatu yang akan Anda banggakan untuk ditunjukkan kepada orang lain?
4. Apakah itu asli atau unik dalam beberapa hal?
5. Apakah itu mengkomunikasikan kepribadian penciptanya?
– COMPLEXITY
1. Seberapa ambisius Projects tersebut (baik dari segi ide di baliknya maupun pelaksanaannya)?
2. Berapa banyak proses yang telah diikuti pencipta untuk membuat project?
3. Tingkat pengetahuan teknis apa yang telah mereka tunjukkan?
4. Menurut Anda, seberapa sulit bagi pencipta untuk membuat Projects ini?
– PRESENTATION AND COMMUNICATION
1. Seberapa efektif pencipta mengomunikasikan ide di balik Projects mereka dan fungsi yang ingin dilayaninya?
2. Seberapa besar perhatian dan perhatian yang diberikan pada desain visual project? Apakah itu terlihat keren?
3. Seberapa baik pencipta menjawab tiga pertanyaan yang diajukan dalam formulir pendaftaran?
– DESIGN AND USABILITY
1. Apakah Projects berjalan sesuai dengan yang dimaksudkan?
2. Apakah Projects ramah pengguna?
3. Apakah orang akan senang berinteraksi dengannya?
4. Seberapa mudah menggunakan Projects untuk tujuan yang dimaksudkan?