Mentoring in Generation Girl’s Camp

Hai! Nama aku Christin, aku saat ini masih kuliah di Binus University dan ngambil jurusan Teknik Informatika. Kebetulan aku juga lagi magang sebagai Instructor di Kodekiddo.

Hari berjalan seperti biasa saat tiba-tiba atasanku Ms Meilani, foundernya Kodekiddo kontak aku untuk bergabung untuk jadi mentor pada sebuah workshop bertajuk “Generation Girl’s Summer Club”, jelas aku yang saat itu gatahu menahu tentang organisasi ini mulai mencari tau di internet, mulai dari stalkerin Instagram mereka, dan buka-buka website resmi mereka.

Setelah aku stalkerin media social mereka seharian, aku baru tahu ternyata Kodekiddo dan Generation Girls ini pathnership. Dan visi misi Generation Girl adalah mendorong perempuan agar mereka berperan penting dalam bidang bidang STEM (Science, Technology, Engineering dan Math) sejak dini melalui klub liburan yang seru.

Dari awal membaca aku sudah merasa tertarik, jadi aku scroll lebih jauh lagi informasi tentang mereka, dan ternyata kegiatan yang mereka lakukan seru-seru loh! Bayangin aja kita bisa belajar IT secara gratis dan dapet makan siang pula! Dan mereka juga ada field trip ke destinasi-destinasi yang berbeda tiap minggu.

Sebagai mahasiswi IT aku tahu jelas jika bidang ini sebagian besar peminatnya adalah pria. Dan saat melihat visi misi Generation Girl yang ternyata sebagian besar krunya(bahkan hampir 90% nya adalah wanita) aku jadi makin excited! Rasanya pasti bakal seru ketemu sama para wanita-wanita yang berkecimpung di bidang yang sama denganku, lebih-lebih kita pasti kurang lebih merasakan pengalaman yang sama yaitu teman pria yang lebih banyak daripada wanita.

Jadi mulailah aku coba buka url pendaftaran mentor mereka, topik yang aku ambil untuk mentoring adalah Backend For Beginners, awalnya agak was-was juga, secara Backend ini kan cukup berat materinya dan target yang aku ajar itu anak umur 13-17 th. Tapi aku tetep optimis dengan diri sendiri dan berusaha buat materialnya semudah dan semenyenangkan mungkin untuk dipelajari. Khusus kelas aku, aku ngajar berdua bersama mbak Inne dan untungnya mbak Inne ini juga baik!

Jadi tibalah hari H saat aku ngajar, awalnya agak nervous juga walopun udah berpengalaman ngajar anak-anak. Tapi ternyata anaknya seru-seru dong! Bahkan beberapa anak punya ketertarikan yang sama kayak aku. Jadi proses mengajar selama seminggu itu terasa mudah, walopun materi yang diangkat cukup berat namun anak-anaknya semangat banget sama yang mereka pelajari! Aku yang ngajar juga jadi makin semangat untuk ngajar, meskipun kita sering ketemu banyak error-error melanda di tengah jalan, tapi semua itu bisa diselesaikan bersama, bahkan anak-anaknya juga saling bantu satu sama lain. They’re so cute!

Summer Club ini bakalan jadi pengalaman gak terlupakan aku, karena disini aku berkesempatan bertemu banyak wanita-wanita hebat yang udah berpengalaman sekali di bidangnya, aku bisa dapet banyak masukan dari mereka, dan aku juga bisa berkenalan sama para rookies-rookies yang lucu! Pokoknya aku dapat pengalaman seru yang ga akan dilupakan, thank you juga untuk Ms Meil yang udah ngasih tau aku soal Summer Club ini, kalo tidak ada beliau aku pasti ga akan tahu dan bertemu orang-orang hebat disana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.