KodeKiddo Holiday Program 2018

“Coding is today’s language of creativity. All our children deserve a chance to become creators instead consumers of computer science.” – Maria Klawe.

Belajar coding dapat menjadi kegiatan pengisi waktu liburan yang menarik dan bermanfaat bagi anak-anak. KodeKiddo baru-baru ini mengadakan kegiatan    Holiday Program 2018, sebuah program yang memfasilitasi anak-anak SD hingga SMP untuk belajar coding selama liburan sekolah. Program ini berlangsung selama 4 minggu, minggu pertama berlangsung sebelum libur lebaran, sedangkan tiga minggu selanjutnya dilakukan setelah libur lebaran berakhir. Dalam waktu empat minggu tersebut, KodeKiddo menawarkan topik-topik pelajaran yang beragam dan unik, disesuaikan dengan kemampuan belajar anak-anak (Ada tiga jenjang pembelajaran: SD1-4, SD5-6, dan SMP). Beberapa contoh topik yang diangkat, yakni: Game Design with Unity, Website Development, Mobile App Development with MIT, dan Code with Bots. Setiap topik diajarkan dalam kurung waktu 5 hari, dimulai pada hari Senin dan diakhiri pada hari Jumat. Pada tiga hari pertama, anak-anak diajarkan dasar konsep pemrograman yang berkaitan dengan topik yang diangkat. Pada hari keempat, anak-anak mulai membuat free project berdasarkan kreativitas masing-masing. Di hari terakhir, anak-anak diminta untuk menyempurnakan proyek pribadi mereka dan mempresentasikannya kepada teman-teman di kelas, bahkan ke orangtua yang bisa hadir pada hari terakhir.

Holiday Program 2018 diselenggarakan di cabang-cabang KodeKiddo yang terletak di Jakarta, Denpasar, Bandung, dan Tangerang. Program ini mendapat respons yang baik, dapat ditinjau dari jumlah peserta yang hampir mencapai 200 anak serta feedback positif dari orangtua. Salah satu dari orangtua peserta cabang Kelapa Gading bahkan sudah bertanya “Kapan Holiday Program akan diselenggarakan lagi?” karena ia merasa program ini bermanfaat bagi anaknya. Melalui program ini, anak-anak diajar untuk berpikir secara analitis dan terstruktur, bekerjasama dengan teman untuk mengerjakan group project, dan berkreasi menciptakan sebuah proyek dari ide kreasi pribadi. Rangkaian Holiday Program dari KodeKiddo juga membekali anak-anak untuk mampu mempresentasikan proyek pribadi yang telah mereka buat secara berani dan jelas.

Holiday Program tahun ini merupakan Holiday Program yang kedua. Satu hal unik yang membedakan program ini dengan program tahun lalu adalah kehadiran kegiatan internship (magang). Tahun ini ada 6 anak, SMP dan SMA, dari program reguler KodeKiddo yang magang menjadi teaching assistant (TA). Keenam TA ini telah dibekali dengan material dan metode pengajaran sehingga mampu membantu anak-anak yang baru pertama kali belajar coding agar mampu memahami coding dengan lebih baik dan cepat. Kegiatan internship ini ditawarkan bagi anak-anak program reguler untuk melatih kemampuan mereka berkomunikasi dalam berbagi ilmu.

Dengan menyelenggarakan Holiday Program ini, KodeKiddo berharap kesadaran orangtua di Indonesia akan pentingnya mengajarkan coding dari sedari dini dapat semakin ditingkatkan. KodeKiddo juga berharap anak-anak yang telah menjadi peserta belajar bahwa waktu liburan sekolah dapat mereka gunakan untuk hal yang tidak hanya menyenangkan tapi juga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s