KiddoHack Bandung

“Code, Collab, Compete”

KiddoHack yang kedua ini akan diadakan di Cihampelas Walk, Bandung.

Sabtu, 18 November 2017.

DSCF4477

In fifteen years we’ll be teaching programming just like reading and writing…and wondering why we didn’t do it sooner“, Mark Zuckerberg, CEO of Facebook.

Belajar coding/programming tadinya dianggap hanya bisa dilakukan oleh anak SMA/kuliah atau hanya terbatas untuk orang yang ingin bekerja di bidang IT. Namun sekarang programming bisa dipelajari sejak usia dini untuk melatih cara berpikir logika dan memecahkan masalah dan dianggap berguna untuk semua profesi di era teknologi ini. Dengan adanya aplikasi yang didesain khusus untuk belajar pemrograman sesuai usia anak-anak, coding dapat dilakukan bahkan oleh anak SD. KodeKiddo membawa konsep dari Amerika dan menyediakan sarana untuk anak SD & SMP belajar coding dengan cara yang menyenangkan “having fun while learning skills of the future”.

Deskripsi Acara

Hackathon (atau juga dikenal sebagai hackfest / hack=meretas) adalah kegiatan di mana programmers dan pihak lain yang biasanya terlibat dalam pembuatan software dapat berkolaborasi untuk menciptakan proyek software dalam waktu singkat (biasanya dalam waktu 24 jam). Hackathon sudah diselenggarakan di banyak tempat di Amerika, terutama untuk SMA dan mahasiswa, dengan tujuan untuk memperkenalkan programming, mendukung kolaborasi, dan juga sebagai ajang perusahaan untuk mulai mencari kandidat yang bermutu.

Terinspirasi dari hackathon itu, KodeKiddo mengadakan KiddoHack yang berupa mini hackathon dalam waktu 5 jam, diperuntukan bagi anak umur 9-15 tahun.

Dalam acara ini anak akan membuat team dan belajar bekerja sama untuk memikirkan ide, membuat desainnya, dan memprogram dengan software platform Scratch, Tynker, atau MIT App Inventor. Setelah proyek selesai, anak akan mempresentasikan hasil ke para juri/mentor. Anak juga akan mengerjakan beberapa soal yang berhubungan dengan konsep computational thinking dan programming.

Dengan mengikuti KiddoHack, anak belajar berkolaborasi, berpikir cepat, kreativitas, komunikasi dan menjadi ‘maker’ / pembuat sesuatu yang berguna dengan ketrampilan yang mereka miliki.

Para juri & mentor berasal dari dunia startups, teknologi, dan pendidikan di Indonesia. Mereka akan berinteraksi dengan anak-anak untuk memberi input, membagi pengalaman, dan menilai hasil karya mereka dalam KiddoHack.

 

Thank You for Our Sponsors

pict3

pict1

pict2

pict4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s